Preview

Tersedia

SERI HIMPUNAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN RI TAHUN

1985-2016

SPPRI

Harga per jilid

Harga Rp. 550.000

SERI HIMPUNAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN RI

 

TAHUN 1985,1986,..... 2000, 2001... sampai dengan 2016

 

Terbitan Terbaru

 

»Berita
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM
JURNAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS VIII R2 SMP NEGERI 3 SAMPIT SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Oleh:ERNI SURIYANI, S.Pd
GURU IPS SMP NEGERI 3 SAMPIT
ABSTRAK
Kata Kunci: model pembelajaran TPS, sistem perekonomian indonesia
Pemecahan masalah dalam pembelajaran IPS, khususnya dalam meningkatan hasil belajar materi sistem perekonomian Indonesia diupayakan melalui penelitian ini. Masalah tersebut ditandai dengan hasil belajar peserta didik yang belum optimal dan belum mencapai KKM yang ditetapkan, sebesar 71. Tindakan yang ditetapkan untuk mememecahkan persoalan adalah dengan menerapkan model pembelajaran TPS. Melalui model tersebut, keaktifan dan motivasi peserta didik terhadap pembelajaran menjadi meningkat. Hal itu berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik sehingga memenuhi kriteria ketuntasan yang diharapkan. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan hasil belajar materi sistem perekonomian Indonesia melalui model pembelajaran TPS pada peserta didik kelas VIII R2 SMP Negeri 3 Sampit semester genap tahun pelajaran 2014/2015?” Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi sistem perekonomian Indonesia melalui model TPS. Subyek penelitian tindakan kelas adalah peserta didik kelas VIII R2 SMP Negeri 3 Sampit, yang terdiri dari 42 peserta didik. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keberhasilan pelaksanaan tindakan ditunjukkan pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Secara individual pencapaian nilai rata-rata siklus I sebesar 75 dan setelah diadakan perbaikan pada siklus II meningkat menjadi 80. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I hanya 62% setelah diadakan perbaikan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Mengacu pada ketercapaian tersebut dapat disimpulkan bahwa model TPS dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem perekonomian Indonesia, peserta didik kelas VIII R2 SMP Negeri 3 Sampit. Kepada para guru mata pelajaran IPS, disarankan, agar pembelajaran mencapai hasil belajar optimal, hendaknya guru menerapkan model pembelajaran TPS .

I.PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dengan dominasi aspek kognitif peserta didik mempersepsi bahwa daya tarik terhadap pembelajaran IPS kurang tinggi. Akibatnya, banyak kesulitan yang dialami peserta didik. Salah satu penyebabnya, pemilihan strategi pembelajaran yang belum efektif. Dampaknya, peserta didik kurang termotivasi dan berujung pada terjadinya permasalahan. Tidak dapat dipungkiri, di SMP Negeri 3 Sampit, selama ini pembelajaran IPS lebih banyak disampaikan dengan menggunakan buku teks sebagai sumber belajar utama dengan menggunakan metode ceramah. Inovasi dalam bidang pengembangan model pembelajaran masih belum banyak dilakukan. Hal itu yang membuat pembelajaran IPS kurang berkualitas. Akibatnya, hasil belajar peserta didik tidak optimal. Kondisi tersebut menjadi fenomena yang sering terjadi dalam pembelajaran IPS pada kelas VIII R2 SMP Negeri 3 Sampit. Pengembangan pembelajaran secara konvensional melalui ceramah mengakibatkan pembelajaran kurang efektif. Selama ini, kurangnya kemampuan mengembangkan model pembelajaran membuat guru IPS cenderung melaksanakan pembelajaran yang bertumpu pada pengetahuan tekstual, yang berpusat pada guru, sehingga membuat peserta didik kurang aktif. Hal itu menunjukkan bahwa guru IPS masih belum secara optimal dalam memahami dan tanggung jawabnya. Dengan demikian, pembelajaran IPS belum dapat dikatakan dikelola secara profesional. Karena itu, peneliti berupaya memecahkan masalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik kelas VIII R2 SMP Negeri 3 Sampit. Salah satu upaya mengembangkan tersebut dilakukan dengan penggunaan model pembelajaran yang efektif, yakni think pair share (TPS).
Pencapaian ketuntasan hasil pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran IPS masih rendah. Setiap stándar kompetensi dan kompetensi dasar yang menjadi sasaran penguasaan, sebagaian besar peserta didik harus mencapai ketuntasan melalui program remedial. Peneliti menyadari bahwa tingkat kesulitan materi pembelajaran, berbeda-beda. Salah satu materi yang dianggap sesuai memiliki kesulitan adalah sistem perekonomian Indonesia.
Materi sistem perekonomian Indonesia dinilai sangat efektif bila dipelajari dengan menggunakan model pembelajaran TPS. Dalam penerapan model pembelajaran TPS, guru memulai pelajaran dengan menyampaikan permasalahan, tugas, atau pertanyaan untuk diselesaikan peserta didik. Dengan penerapan model tersebut, pembelajaran akan lebih optimal. Pemecahan masalah dalam pembelajaran dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dengan judul ”Penerapan Model Pembelajaran TPS Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Perekonomian Indonesia Peserta Didik Kelas VIII R2 SMP Negeri 3 Sampit Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015.”
B. Identifikasi Masalah
Permasalahan dalam pembelajaran IPS di kelas VIII R2 dapat diidentifikasi sebagai berikut:
(1) Model pembelajaran yang dikembangkan belum efektif.
(2) Model pembelajaran yang dikembangkan kurang beragam.
(3) Pencapaian tujuan pembelajaran IPS belum optimal.
(4) Pencapaian ketuntasan pembelajaran peserta didik pada pembelajaran IPS masih rendah, sehingga harus melalui program remedial.
(5) Siswa beranggapan materi sistem perekonomian Indonesia termasuk materi yang sulit.
(6) Guru belum mengembangkan model pembelajaran TPS.
C. Batasan Masalah
Pembatasan masalah dilakukan pada dua permasalahan yaitu:
(1) Penerapan model pembelajaran TPS di dalam pembelajaran IPS.
(2) Hasil pembelajaran peserta didik difokuskan pada materi sistem perekonomian Indonesia .
D. Rumusan Masalah
Masalah penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan model pembelajaran TPS dalam meningkatkan hasil pembelajaran materi kegiatan sistem perekonomian Indonesia pada peserta didik kelas VIII R2 SMP Negeri 3 Sampit tahun pelajaran 2014/2015?”
E. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran TPS dalam meningkatkan hasil pembelajaran materi sistem perekonomian Indonesia pada peserta didik kelas VIII R 3 SMP Negeri 3 Sampit tahun pelajaran 2014/2015.
F. Manfaat Penelitian
1. Manfaat bagi peserta didik:
a. Peserta didik mendapatkan peningkatan kualitas layanan pembelajaran.
b. Peserta didik mendapatkan peningkatan hasil belajar IPS.
c. Meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran.
d. Meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPS.
e. Peserta didik mendapatkan perhatian yang optimal dari guru.
2. Manfaat bagi peneliti (guru mata pelajaran IPS):
a. Memberikan informasi tentang efektivitas pembelajaran TPS.
b. Sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran
c. Sebagai sarana untuk meningkatkan hasil pembelajaran
d. Guru dapat mengukur tingkat tanggung jawabnya.
e. Menjadi salah satu tolak ukur peningkatan kompetensi guru.
f. Guru mendapatkan peningkatan kemampuanmengembangkan kualitas pembelajaran, baik dalam hal kualitas proses maupun kualitas hasil.
g. Sebagai salah satu pengembangan profesionalitas guru.
h. Sebagai salah satu sarana pengembangan karir guru
3. Manfaat bagi guru mata pelajaran IPS, teman sejawat:
a. Sebagai referensi dalam pengembangan pembelajaran IPS.
b. Sebagai referensi dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas sejenis.
c. Sebagai acuan dalam mengembangkan kapasitas dan kompetensi.
4. Manfaat bagi sekolah:
a. Sebagai sarana pembinaan kepada guru-guru, khususnya guru IPS.
b. Memiliki guru IPS yang lebih berkompetensi.
c. Memiliki koleksi karya tulis ilmiah sebagai cerminan kapasitas guru.
II.KAJIAN PUSTAKA
A. Pengertian Pembelajaran
Pembelajaran merupakan proses orang memperoleh kecakapan, keterampilan, dan sikap. Pembelajaran dimulai dari masa kecil sampai akhir hayat seseorang. Orang tua wajib mempembelajarankan anak-anaknya agar kelak dewasa ia mampu hidup mandiri dan mengembangan dirinya. Yamin (2005:97) menyebutkan bahwa anak-anak membutuhkan pengetahuan awal, dan memiliki keyakinan, kepercayaan yang masih semu, di samping itu anak-anak memiliki banyak pengharapan akan sesuatu, pada masa itu anak-anak membutuhkan banyak pembelajaran dan memungkinkan memberi pengetahuan kepadanya.
Membaca merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran. Lebih banyak membaca merupakan kegiatan pembelajaran yang baik. kemampuan membaca informasi, membaca pengetahuan, membaca situasi, membaca informasi, membaca pengetahuan, membaca situasi tentang ketata negaraan, membaca norma-norma agama dan lain sebagainya akan membuat kemampuan hidup di masyarakat lebih baik. Membaca bukan hanya dilakukan terhadap tulisan tetapi kita juga mampu membaca hal-hal yang tidak tertulis, membaca gejala-gejala alam, membaca situasi kenegaraan, membaca data-data, proposisi-proposisi yang ada agar kita berpengatahuan tentang itu, dan tahu tentang informasi tersebut (Yamin, 2005:99)
Pembelajaran melalui meniru, mencontoh perilaku yang baik sangat dilanjutkan oleh sebab itu sosok seorang guru adalah sosok yang dapat ditiru atau dicontoh oleh peserta didik. Suatu masyarakat yang berbudaya tinggi, berfikir maju, perkembangannya berlangsung dari proses meniru yang didapat dari lingkungannya, perkembangan suatu ilmu pengetahuan diakibatkan oleh meniru. (Atmosudirdjo, 1982:33; dalam Yamin, 2005:303).
B. Model Pembelajaran TPS
Suprijono (2013) menyebutkan model pembelajaran berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan para guru dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar. Pelaksanaan prosedur model pembelajaran kooperatif dengan benar akan memungkinkan guru mengelola kelas lebih efektif.
Sebagai upaya inovatif yang dinilai tepat untuk mengembangkan pembelajaran IPS adalah dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Melalui pengembangakan model pembelajaran TPS guru memberikan peran yang berhubungan dengan pelajaran dan peserta didik diminta memikirkan secara mandiri untuk beberapa saat, kemudian guru meminta peserta didik berpasangan agar dapat saling membantu memahami materi yang dipelajari. Pengembangakan model pembelajaran TPS diharapkan dapat mempermudah peserta didik melaksanakan langkah-langkah pembelajaran IPS yang menyenangkan dan mencapai tujuan secara efektif. Ibrahim, dkk: (2000) merumuskan langkah-langkah penerapan model pembelajaran TPS sebagai berikut
Langkah 1: Thinking ( berpikir)
Guru mengajukan suatu pertanyaan/masalah/soal-soal yang berkaitan dengan pelajaran dan meminta peserta didik memikirkan pertanyaan/ masalah/soal secara mandiri dalam beberapa saat.
Langkah 2: Pairing (berpasangan )
Guru meminta peserta didik untuk berpasangan dan mendiskusikan apa yang telah mereka pikirkan pada tahap pertama. Interaksi pada tahap ini peserta didik diharapkan dapat berbagi jawaban.
Langkah 3 : Sharing ( berbagi )
Guru meminta kepada pasangan untuk berbagi dengan seluruh kelas tentang apa yang telah mereka diskusikan. Hal ini dilakukan secara bergiliran dari pasangan demi pasangan dan dilanjutkan sampai sekitar seperempat pasangan mendapat kesempatan untuk melaporkan.
C. Hasil Belajar
Hasil pembelajaran dapat dicapai secara individu oleh peserta didik atau dapat bersifat kelompok. Seorang peserta didik yang memiliki motivasi tinggi pada umumnya mencapai nilai hasil pembelajaran yang tinggi pula. Demikian juga sebaliknya, bila seorang peserta didik memiliki motivasi rendah pada umumnya mencapai nilai hasil pembelajaran yang rendah pula.Hasil belajar peserta didik adalah hasil belajar yang diperoleh peserta didik selama kegiatan belajar . Belajar diartikan sebagai gejala perubahan tingkah laku yang relatif permanen dari seseorang dalam mencapai tujuan tertentu De Cecco (dalam Witjaksono, 1988:6).
Menurut Gagne (dalam Witjaksono, 1988:6) belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam disposisi atau kapabilitas seseorang, dalam kurun waktu tertentu, dan bukan semata-mata sebagai proses pertumbuhan. Pendapat senada juga diutarakan oleh Susanto (2005:3) yang menyatakan bahwa belajar merupakan proses di mana otak atau pikiran mengadakan reaksi terhadap kondisi-kondisi luar dan reaksi itu dapat dimodifikasi dengan pengalaman-pengalaman yang dialami sebelumnya. Melalui proses belajar anak dapat mengadaptasikan dirinya pada lingkungan hidupnya. Adaptasi itu dapat berupa perubahan pikiran, sikap, dan keberhasilan.
Hasil belajar yang diukur pada pembelajaran yang berlandaskan kurikulum 2006 meliputi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor. Maka guru tidak hanya menilai belajar peserta didik dari aspek intelektual tetapi kemampuan sosial, sikap peserta didik selama proses belajar serta keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran juga dinilai belajar oleh guru. peserta didik yang telah mengalami pembelajaran diharapkan memilki pengetahuan dan keberhasilan baru serta perbaikan sikap sebagai hasil dari pembelajaran yang telah dialami peserta didik tersebut. Pengukuran hasil belajar bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik dalam menyerap materi. Sebaiknya hasil belajar yang telah dinilai belajar oleh guru diberitahukan kepada peserta didik agar peserta didik mengetahui kemajuan belajar yang telah dilakukannya serta kekurangan yang masih perlu diperbaiki. Penilaian hasil belajar pada akhirnya sebagai bahan refleksi peserta didik mengenai kegiatan belajarnya dan refleksi guru terhadap kemampuan nya serta mengevaluasi pencapaian target kurikulum. Pembagi hasil belajar ke dalam tiga ranah tersebut, masing-masing diuraikan sebagai berikut:
(1) Ranah Kognitif
Ranah kognitif (berkaitan dengan daya pikir, pengetahuan, dan penalaran) berorientasi pada kemampuan peserta didik dalam berpikir dan bernalar yang mencakup kemampuan peserta didik dalam mengingat sampai memecahkan masalah, yang menuntut peserta didik untuk menggabungkan konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya.
(2) Ranah Psikomotor
Ranah psikomotor berorientasi kepada keberhasilan fisik, keberhasilan motorik, atau keberhasilan tangan yang berhubungan dengan anggota tubuh atau tindakan yang memerlukan koordinasi antara syaraf dan otot. Simpson (dalam Winkel, 1996:248) menyatakan bahwa ranah psikomotor terdiri dari tujuh jenis perilaku yaitu: persepsi, kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan yang terbiasa, gerakan kompleks, penyesuaian pola gerakan, dan kreativitas.
(3) Ranah Afektif
Ranah afektif (berkaitan dengan perasaan/kesadaran, seperti perasaan senang atau tidak senang yang memotivasi seseorang untuk memilih apa yang disenangi) berorientasi pada kemampuan peserta didik dalam belajar menghayati hasil belajar objek-objek yang dihadapi melalui perasaan, baik objek itu berupa orang, benda maupun peristiwa.
D. Peta Konsep Materi “Sistem perekonomian Indonesia ”
Peta konsep materi “sistem perekonomian Indonesia ” berupa kompetensi pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian yang keseluruhannya sudah menjadi bagian dari silabus mata pelajaran. Dalam silabus mata pelajaran IPS kelas VIII, dipaparkan peta SK-KD: Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian IndonesiaStandar Kompetensi: Memahami kegiatan perekonomian Indonesia
E. Kerangka Pikir
Penelitian ini dikembangkan dengan kerangka pikir sebagai berikut.
(1) Kondisi awal
Pada awal pembelajaran, hasil pembelajaran peserta didik dalam pembelajaran sistem perekonomian Indonesia masih rendah. Hal itu disebabkan oleh kurangnya motivasi peserta didik karena guru belum menggunakan model pembelajaran IPS yang efektif.
(2) Pelaksanaan pembelajaran
Guru melaksanakan pembelajaran kompetensi dasar sistem perekonomian Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran TPS dengan pemberian tugas yang dinilai efektif. Hal itu di maksudkan agar menunjang kualitas pelaksanaan pembelajaran sehingga peserta didik pembelajaran dengan aktif dan penuh motivasi.
(3) Kondiasi akhir pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, hasil pembelajaran peserta didik dalam pembelajaran sistem perekonomian Indonesia meningkat optimal. Hal itu disebabkan oleh meningkatnya minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran TPS dengan pemberian tugas secara efektif.
F. Hipotesis Tindakan
Hipotesis tindakan penelitian ini adalah: “Penerapan model pembelajan TPS secara efektif dapat meningkatkan hasil pembelajaran materi sistem perekonomian Indonesia peserta didik kelas VIII R2 SMP Negeri 3 Sampit semester genap tahun pelajaran 2014/2015.”
III.METODOLOGI PENELITIAN
A. Rancangan Penelitian
Menurut pengertiannya penelitian tindakan adalah penelitian tentang hal-hal yang terjadi dimasyarakat atau sekolompok sasaran, dan hasilnya langsung dapat dikenakan pada masyarakat yang bersangkutan (Arikunto 2012:32). Ciri atau karakteristik utama dalam penelitian tindakan adalah adanya partisipasi dan kolaborasi antara peneliti dengan anggota kelompok sasaran. Penelitian tindakan adalah satu strategi pemecahan masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dalam bentuk proses pengembangan inovatif yang dicoba sambil jalan dalam mendeteksi dan memecahkan masalah. Dalam prosesnya pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut dapat saling mendukung satu sama lain.
Sesuai dengan jenis penelitian yang dipilih, yaitu penelitian tindakan, maka penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart (dalam Arikunto, 2012:33), yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Langkah pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum masuk pada siklus I dilakukan tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi permasalahan.
Sebelum masuk pada siklus I dilakukan tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi permasalahan. Hasil identifikasi masalah dijadikan dasar pemilihan pemecahan permasalahan dengan rancangan penelitian tindakan kelas selama dua siklus tersebut. Pada siklus I keempat tindakan tersebut dilaksanakan sebagai mana rancangan yang sudah ditetapkan. Langkah pada siklus berikutnya dilakukan berdasarkan perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Masing-masing siklus meliputi kegiatan penyusunan perencanaan tindakan, pelaksanakan tindakan, pengamatan, dan refleksi (Arikunto, 2012:36)
Dalam pelaksanaannya, rancangan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran TPS ini, masing-masing siklus dirancang sebagai berikut.
a. Persiapan/ Perencanaan Tindakan
Pada tahap ini peneliti melakukan kegiatan:
1) Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai dengan tindakan yang akan dilaksanakan dengan model pembelajaran TPS,
2) Menyusun instrumen penelitian yang akan digunakan, yaitu pedoman tes, pedoman pengamatan, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto
3) Mempersiapkan materi dan pendukung pembelajaran yang akan digunakan.
4) Mempersiapkan perangkat penilaian yang digunakan.
5) Berkoordinasi dengan teman sejawat yang dijadikan kolaborator
b. Pelaksanaan Tindakan
Secara sistematis langkah-langkah pembelajaran yang dilaksanakan peserta didik pada siklus I adalah sebagai berikut.
a. Mempersiapkan alat dan pembagian pasangan
b. Membagi lembar kerja untuk dikerjakan peserta didik secara individu
c. Peserta didik bekerja (berpasangan)
d. Peserta didik unjuk kerja (berpasangan)
e. Penguatan dan kesimpulan dari guru.
Dalam penelitian ini kegiatan pelaksanaan tindakan meliputi kegiatan sebagai berikut:
(a) Melaksanakan tes awal kemampuan peserta didik dengan materi sistem perekonomian Indonesia
(b) Melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan model pembejaranan pemberian tugas TPS. Peserta didik melaksanakan tugas TPS berkelompok dengan materi tentang sistem perekonomian Indonesia
(c) Melaksanakan paparan hasil pelaksanaan tugas TPS peserta didik tentang sistem perekonomian Indonesia
(d) Melaksanakan pembahasan hasil pelaksanaan tugas TPS peserta didik tentang sistem perekonomian Indonesia
(e) Melaksanakan tes akhir siklus I, melalui tes tertulis.
c. Pengamatan
Kegiatan pengamatan dalam penelitian ini meliputi kegiatan sebagai berikut:
(a) Mengamati aktivitas peserta didik dalam melaksanakan kegiatan sistem perekonomian Indonesia
(b) Mencatat kejadian-kejadian yang tampak selama pelaksanaan kegiatan pembelajaran
(c) Mengumpulkan data hasil pengamatan selama pelaksanaan kegiatan pembelajaran
d. Refleksi
Kegiatan refleksi dalam penelitian ini meliputi kegiatan sebagai berikut:
(a) Menganalisis data hasil pelaksanaan tindakan
(b) Mengevaluasi pelaksanaan tindakan
(c) Merumuskan perbaikan yang harus dilakukan untuk menyempurnakan perencanaan tindakan pada siklus selanjutnya
(d) Menyusun perencanaan tindakan pada siklus selanjutnya dengan perbaikan sesuai dengan hasil refleksi.
B. Tempat Penelitian
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di ruang kelas VIII R2 SMP Negeri 3 Sampit.
C. Subjek Penelitian
Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII R2 SMP Negeri 3 Sampit tahun pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 34 peserta didik, terdiri atas 20 peserta didik putra dan 34 peserta didik putri.
D. Teknik Penelitian
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan telaah dokumen di dalam pelaksanaan tindakan tentang kemampuan peserta didik dalam materi sistem perekonomian Indonesia. Data tentang kemampuan peserta didik dalam materi sistem perekonomian Indonesia pada penelitian ini dikumpulkan oleh guru, kolaborator, dan peserta didik.Teknik tes merupakan teknik pengumpulan data melalui pelaksanaan tes atau pengujian, yang dalam tindakan ini berupa tes tertulis. Teknik tes ini dilakukan peneliti untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam memahami materi sistem perekonomian Indonesia.
E. Instrumen Penelitian
Penelitian menggunakan alat untuk pengumpulan data meliputi antara lain lembar observasi atau lembar pengamatan, lembar telaah hasil kerja peserta didik, dan soal tes.
F. Analisis Data Penelitian
Sesuai dengan jenis data yang dikumpulkan, ada dua teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif digunakan terhadap hasil tes, sedangkan analisis kualitatif digunakan terhadap data kualitatif yang diperoleh dari hasil pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dalam menyelesaikan tugas tentang sistem perekonomian Indonesia atau hal-hal lain yang tampak selama berlangsungnya penelitian.Untuk menganalisis tingkat keberhasilan atau persentase keberhasilan peserta didik setelah proses pembelajaran setiap putarannya dilakukan dengan dua kategori ketuntasan pembelajaran yaitu secara perorangan dan secara klasikal.
G. Indikator Keberhasilan Penelitian
Penelitian tindakan ini dinyatakan berhasil bila hasil pembelajaran peserta didik memenuhi dua indikator keberhasilan penelitian. Dua indikator tersebut ditetapkan mencakup kriteria ketuntasan individual dan kriteria ketuntasan klasikal. Dalam setiap tindakan penelitian ini secara individual peserta didik dinyatakan berhasil bila mampu mencapai hasil pembelajaran materi sistem perekonomian Indonesia dengan nilai minimal 71. Salah satu idikator pecapaian nilai ini akan ditunjukkan dengan pecapaian nilai rata-rata kelas yang minimal sebesar 71. Dengan demikian, bila peserta didik belum mencapai nilai 71, yang bersangkutan harus mengulangi pembelajaran materi yang sama. Persyaratan kedua adalah pemenuhan kriteria ketuntasan kelas. Indikator keberhasilan penelitian secara klasikal ditetapkan dengan kriteria ketuntasan 85%. Dengan demikian, penelitian secara klasikal dinyatakan berhasil bila 85% dari 42 peserta didik sudah tuntas mencapai nilai pembelajaran materi sistem perekonomian Indonesia minimal 71.
H. Jadwal Penelitian
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan tahun 2015 pada bulan Maret, April, dan Mei.
IV. DATA PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan wawancara, pengelolaan belajar, aktivitas peserta didik dan guru, dan dari tes formatif peserta didik pada setiap siklus. Data diambil dari dua siklus pembelajaran dengan model pengajaran TPS untuk meningkatkan hasil belajar materi sistem perekonomian Indonesia. Sebelum data diambil dari dua siklus pembelajaran didapatkan, dilakukan pendataan hasil belajar pratindakan atau pembelajaran prasiklus, sebagai dasar untuk mengengetahui pengaruh dua siklus pembelajaran selanjutnya. Papaparan data dan pembahasan hasil pelaksanaan tindakan disajikan pada bagian berikut ini.
A. Data Hasil Belajar Prasiklus
Pembelajaran IPS di kelas VIII R2SMP Negeri 3 Sampit masih memberikan gambaran bahwa pelajaran IPS termasuk pelajaran yang cukup memiliki kesulitan. Sejumlah kesulitan dialami peserta didik kelas VIII R2 dalam pembelajaran IPS, khususnya pada bidang ekonomi, yang dalam kajian ini difokuskan pada materi sistem perekonomian Indonesia.
Sejumlah peserta didik di kelas kelas VIII R2 belum mampu memahami materi sistem perekonomian Indonesia dengan baik dan benar. Akibatnya, peserta didik merasa kesulitan memahami materi sistem perekonomian Indonesia. Kesulitan tersebut ditunjukkan oleh hasil belajar materi sistem perekonomian Indonesia yang masih rendah.
Hasil belajar peserta didik kelas VIII R2 secara konvensional pada tahap prasiklus. Dari 42 peserta didik yang tuntas berjumlah 14 peserta didik atau senilai 33% peserta didik. Nilai rata-rata yang dicapai sebesar 69. Hal itu berarti bahwa, secara individual tingkat ketuntasan masih belum memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan sebesar 71. Secara klasikal, terdapat 42 peserta didik yang mencapai hasil belajar tuntas, yang senilai dengan 33%. Hal itu berarti terdapat 67% peserta didik kelas VIII R2 masih belum tuntas. Dibandingkan dengan kriteria ketuntasan klasikal, yakni 85%, tingkat ketuntasan klasikal pada tahap prasiklus tersebut masih di bawah kriteria yang diharapkan. Memperhatikan pencapaian hasil belajar peserta didik kelas VIII R2 masih belum memenuhi kriteria ketuntasan yang ditetapkan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tanpa inovasi model pembelajaran membuat peserta didik kelas VIII R2 tidak dapat mencapai ketuntasan baik secara individual maupun secara klasikal.
B. Data Hasil Belajar Siklus I
Pada tahap siklus I peneliti mempersiapkan perangkat pembelajaran dan alat-alat pengajaran yang mendukung serta lembar observasi pengelolaan pembelajaran. Materi yang diajarkan dalam penelitian ini adalah sistem perekonomian Indonesia. Inovasi yang diterapkan adalah penerapan model TPS. Untuk observasi dan refleksi disiapkan lembar observasi dan refleksi yang diisi peneliti, kolaborator, dan perwakilan peserta didik kelas VIII R2.
Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP, yaitu empat kali pertemuan masing-masing dua jam pelajaran dalam satu siklus. Dalam pertemuan ini tindakan yang dilakukan adalah penjelasan umum materi sistem perekonomian Indonesia, penyajian sejumlah soal untuk mengarahkan tindakan peserta didik, penyelesaian soal, pelaporan jawaban dilanjutkan dengan pembahasan melalui diskusi kelas, penyimpulan, penguatan, dan refleksi. Pada akhir siklus disertai dengan penilaian, melalui tes secara individual.
Pada saat proses penyajian materi, guru memberikan bimbingan. Para peserta didik menyelesaiakan soal secara individual. Melalui pemberian penjelasan sejumlah peserta didik kelas VIII R2 menjadi lebih mengerti dan menyelesaikan soal yang diberikan guru. Pada saat pembelajaran berlangsung, sejumlah peserta didik berkesempatan menanyakan dan menyampaikan usulan tentang hal-hal yang belum dipahami.
Pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung dilakukan oleh kolaborator maupun langsung oleh guru peneliti. Pada saat yang sama, guru juga melakukan penilaian proses pembelajaran. Pada saat pembelajaran berlangsung dilakukan pencatatan hal-hal yang kurang sesuai dengan skenario yang direncanakan.
Pada akhir pembelajaran peserta didik kelas VIII R2 mengikuti kegiatan penilaian yang dilakukan guru. Berdasarkan hasil penilain, peserta didik kelas VIII R2 diapresiasi oleh guru. Pada bagian waktu akhir, guru memberikan soal mandiri dan melakukan refleksi berupa tanggapan lisan dan pegisian lembar refleksi secara berkelompok terhadap proses pembelajaran yang menerapkan model TPS .
Pada siklus ini pelaksanaan tahap-tahap pembelajaran yang telah dirancang masih ada yang kurang sesuai dengan rencana. Hal tersebut terjadi pada pengelolaan waktu yang pada tahap penyajian hasil kerja peserta didik dalam mejawab soal. Dalam tahapan ini peserta didik melaksanakan pembelajaran dengan lambat karena beberapa kurang optimal dalam menyelesaiakan soal sesuai dengan yang diberikan guru. Akibatnya, waktu pembelajaran kurang efektif.
Hasil tindakan belajar materi sistem perekonomian Indonesia, peserta didik kelas VIII R2 pada siklus I melalui penerapan model TPS, peserta didik kelas VIII R2 yang berjumlah 42, secara individual mencapai nilai rata-rata sebesar 75. Hal itu berarti bahwa, secara individual dibandingkan dengan kriteria ketuntasan yang ditetapkan sebesar 71, maka hasil belajar siklus I sudah memenuhi kriteria keberhasilan. Secara klasikal, dari hasil belajar siklus I terdapat 26 peserta didik atau senilai 62% peserta didik mencapai hasil belajar tuntas. Hal itu berarti terdapat 38% peserta didik kelas VIII R2 masih belum tuntas. Pencapaian klasikal pada siklus I tersebut bila dibandingkan dengan kriteria ketuntasan klasikal, yakni 85%, berarti masih di bawah kriteria yang diharapkan.
Memperhatikan pencapaian hasil belajar peserta didik kelas VIII R2 masih belum memenuhi kriteria ketuntasan yang ditetapkan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran TPS pada tindakan siklus I secara individual rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII R2 sudah memenuhi kriteria keberhasilan, namun demikian secara klasikal tingkat ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas VIII R2 belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan.
Berdasarkan pencapaian tersebut dilakukan refleksi pembelajaran dalam menerapkan pembelajaran TPS. Hasil refleksi ditetapkan perbaikan sebagai berikut: (1) Peserta didik kelas VIII R2 yang belum tuntas pada pembelajaran materi sistem perekonomian Indonesia perlu diberi perhatian khusus; (2) Guru membimbing peserta didik dalam menyelesaikan tugas materi sistem perekonomian Indonesia; (3) Pembentukan pasangan kelompok kecil diubah dengan memperhatikan keragaman tingkat kemampuan peserta didik untuk setiap pasangan; (4) guru memberikan pendampingan secara merata pada saat peserta didik melakukan share jawaban dengan pasangan lainnya; dan (5) cakupan materi sistem perekonomian Indonesia yang dijadikan bahan penyusunan soal diperbanyak untuk masing-masing pasangan peserta didik.

C. Data Hasil Belajar Siklus II
Peserta didik kelas VIII R2 pada pembelajaran tahap siklus II dilibatkan oleh peneliti dalam mempersiapkan alat-alat pengajaran yang mendukung. Guru mempersiapkan perangkat pembelajaran dan serta lembar observasi pengelolaan pembelajaran. Berdasarkan hasil refleksi siklus I, perencanaan pembelajaran siklus II mengalami beberapa perbaikan. Guru memberikan penguatan kepada peserta didik dalam menyelesaikan materi secara berpasangan untuk di-share kepada pasangan teman lainnya.
Pada pembelajaran siklus II, pembentukan kelompok dilakukan secara demokratis dipandu oleh guru dengan anggota yang memiliki kemampuan beragam. Setiap pasangan diupayakan beranggotakan campuran antara peserta didik berkemampuan lebih dengan peserta didik yang berkemampuan di bawahnya. Pada siklus II guru memberikan penguatan kepada peserta didik dalam menyajikan dan teknik mengerjakan secara berpasangan dan mendiskusikan hasil penyelesaian materi dengan pasangan lainnya. Masing-masing pasangan diberikan penjelasan yang jelas.
Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan rencana. Pelajaran diawali dengan menjelaskan hasil belajar pertemuan sebelumnya. Pada kesempatan ini guru menyampaikan bahwa hasil belajar sebelumnya belum optimal. Untuk itu siklus tindakan dilanjutkan dengan kegiatan siklus II dengan tindakan yang lebih intensif. Tindakan pada siklus II dilanjutkan dengan penguatan pelaksanaan cara penyelesaian materi. Dengan demikian peserta didik kelas VIII R2 memahami secara jelas penerapan model TPS dalam pembelajaran materi sistem perekonomian Indonesia.
Selain menjelaskan, guru juga menguatkan langkah-langkah pembelajaran yang lebih mudah dipahami peserta didik secara berpasangan. Guru juga menjelaskan agar peserta didik saling membantu dalam mengerjakan soal secara berpasangan terutama pada saat menyajikan hasil penyelesaian soal.
Tindakan berikut menugaskan peserta didik secara berpasangan untuk berbagi hasil penyelesaian soal dengan pasangan lainnya. Setelah itu, guru mengelola pelaksaaan diskusi antarpasangan untuk pembahasan materi sistem perekonomian Indonesia sesuai degan yang dikerjakan. Setiap peserta didik kelas VIII R2 aktif melakukan kegiatan berbagi hasil jawabannya tentang materi sistem perekonomian Indonesia.
Perbaikan-perbaikan penerapan model TPS pada siklus II, dengan materi sistem perekonomian Indonesia menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII R2. Hasil analisis tingkat ketuntasan secara individual dalam pembelajaran memahami materi sistem perekonomian Indonesia dengan model pembelajaran TPS yang diperbaiki pada tindakan siklus II, dari 42 peserta didik kelas VIII R2, secara individual mencapai nilai rata-rata sebesar 80. Hal itu berarti bahwa, secara individual terjadi peningkatan dibandingkan hasil belajar siklus I. Dibandingkan dengan kriteria ketuntasan yang ditetapkan sebesar 71, maka hasil belajar siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan.
Secara klasikal, dari hasil belajar siklus II semua peserta didik atau senilai 100% peserta didik mencapai hasil belajar tuntas. Hal itu berarti tidak ada peserta didik kelas VIII R2 yang belum tuntas. Pencapaian klasikal pada siklus II tersebut sudah meningkat dibandingkan hasil belajar siklus I. Dibandingkan dengan kriteria ketuntasan klasikal, yakni 85%, tingkat ketuntasan klasikal pada tahap siklus II tersebut sudah memenuhi kriteria yang diharapkan.
Tindakan akhir siklus II adalah refleksi. Berdasarkan pencapaian hasil belajar pada akhir siklus II, refleksi tindakan siklus II dilakukan dengan rumusan sebagai berikut:
(1) Kualitas persiapan dan proses pembelajaran materi sistem perekonomian Indonesia lebih meningkat;
(2) Peserta didik mengikuti pembelajaran model TPS secara lebih aktif;
(3) Peserta didik dapat mengerjakan latihan secara berpasangan sesuai dengan implementasi model TPS secara baik;
(4) Peserta didik dapat berbagi jawaban dengan pasangan lain sesuai dengan implementasi model TPS secara baik;
(5) Peserta didik mengikuti pembelajaran model TPS secara lebih aktif;
(6) Semua peserta didik kelas VIII R2 sudah memahami materi sistem perekonomian Indonesia;
(7) Pembelajaran materi sistem perekonomian Indonesia dianggap mencapai indikator keberhasilan penelitian pada siklus II; dan
(8) Pencapaian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model TPS pada siklus II sudah mencapai keberhasilan, baik secara klasikal maupun secara individual.
V.PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat dirumuskan simpulan sebagai berikut:
1. Penerapan model pembelajaran TPS meningkatkan hasil belajar materi sistem perekonomian Indonesia pada peserta didik kelas VIII R2 SMP Negeri 3 Sampit yang ditandai dengan pencapaian ketuntasan belajar peserta didik pada akhir siklus, sebesar 100% yang melebihi indikator keberhasilan penelitian secara klasikal sebesar 85%.
2. Penerapan model pembelajaran TPS meningkatkan hasil belajar materi sistem perekonomian Indonesia pada peserta didik kelas VIII R2 SMP Negeri 3 Sampit yang ditandai dengan pencapaian nilai rata-rata kelas pada akhir siklus, sebesar 80 yang melebihi indikator keberhasilan penelitian secara klasikal sebesar 71.
B. Saran
Memperhatikan simpulan di atas, maka disampaikan saran sebagai berikut:
1. Guru IPS hendaknya memgembangkan model pembelajaran TPS agar pembelajaran meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik optimal.
2. Para guru hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut, agar hasil penelitian berdampak positif pada pengembanagan prestasi peserta didik dan guru di SMP Negeri 3 Sampit.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineksa Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Strategi Pembelajaran . Jakarta: Rineksa Cipta.
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
Slameto, 1988. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Sukidin, dkk. 2012. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wetherington. H.C. and W.H. Walt. Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar. (terjemahan) Bandung: Jemmars.
Yamin, Martin, 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Perss.

[ Kembali ]
Photo Gallery

Pengunjung

Anda Pengunjung ke :

Jml Pengunjung hari ini :

Sosial Media

Anda dapat mengunjungi kami melalui tautan facebook



Buku terbaru

Berita

IMPLEMENTASI KOMPETENSI SOSIAL GURU PROFESIONAL Oleh:Hj. Elfiah, S.Pd, M.MPd
IMPLEMENTASI KOMPETENSI
SOSIAL GURU PROFESIONAL

Oleh:Hj. Elfiah, S.Pd, M.MPd
(Guru IPS SMP Negeri 1 Sampit, Instruktur Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS SMP, Ketua MGMP IPS ... Selengkapnya


PEMBERDAYAAN KOMUNITAS MGMP DALAM PELAKSANAAN PKB GURU IPS SMP Oleh:Hj. Elfiah, S.Pd, M.MPd
PEMBERDAYAAN KOMUNITAS MGMP DALAM PELAKSANAAN PKB GURU IPS SMP
Oleh:Hj. Elfiah, S.Pd, M.MPd
PEMBERDAYAAN KOMUNITAS MGMP DALAM PELAKSANAAN PKB GURU IPS SMP
Oleh:Hj. Elfiah, S.Pd, M.MPd
Selengkapnya


Penilaian Berintegeritas Melalui USBN Oleh: Hj. Elfiah, S.Pd M.M.Pd
(Guru IPS SMP Negeri 1 Sampit, Instruktur Kurikulum 2013 Matapelajaran IPS SMP, Ketua MGMP IPS Khatulistiwa Kabupaten KotawaringinTimur)


Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sudah ... Selengkapnya


Membina Prestasi Peserta Didik Sampai Ajang OSN IPS Tingkat Nasional Oleh: Hj. Elfiah, S.Pd M.M.Pd
Membina Prestasi Peserta Didik Sampai Ajang OSN IPS Tingkat Nasional
Oleh: Hj. Elfiah, S.Pd M.M.Pd
(Guru IPS SMP Negeri 1 Sampit, Instruktur Kurikulum 2013 Matapeljaran IPS SMP, Ketua MGMP IPS ... Selengkapnya


Pengembangan Kompetensi Guru Berbasis PKB Melalui Pemberdayaan MGMP Oleh: Hj. Elfiah, S.Pd M.M.Pd
Pengembangan Kompetensi Guru Berbasis PKB Melalui Pemberdayaan MGMP

Oleh: Hj. Elfiah, S.Pd M.M.Pd

(Guru IPS SMP Negeri 1 Sampit, Instruktur Kurikulum 2013 Matapeljaran IPS SMP, ... Selengkapnya


Implementasi Pembelajaran Inovatif Mata Pelajaran IPS Melalui Penggunaan Sumber Belajar Kliping
Implementasi Pembelajaran Inovatif Mata Pelajaran IPS Melalui Penggunaan Sumber Belajar Kliping Peristiwa Bersejarah
Oleh: Hj. Elfiah, S.Pd M.M.Pd
(Guru IPS SMP Negeri 1 Sampit, Instruktur ... Selengkapnya


EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURA
JURNAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURAN PADA
PESERTA DIDIK KELAS VIII R1 SMP NEGERI ... Selengkapnya


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM
JURNAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS VIII R2 SMP ... Selengkapnya


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONTRASI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI NORMA
JURNAL PENELITIAN
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONTRASI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI NORMA KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA, DAN BERNEGARA SISWA KELAS VII R7
SMP ... Selengkapnya


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
JURNAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS DESCRIPTIVE PESERTA DIDIK KELAS VIII R8 SMP NEGERI 3 ... Selengkapnya


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA
JURNAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NONSASTRA SISWA KELAS VII R4 SMP NEGERI 3 SAMPIT SEMESTER ... Selengkapnya


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KEDAULATAN RAKYAT DALAM SISTEM PEMERINTAHAN DI INDONESIA
JURNAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI
KEDAULATAN RAKYAT DALAM SISTEM PEMERINTAHAN DI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ... Selengkapnya


MENINGKATKAN KEMAMPUAN LARI JARAK PENDEK MELALUI MODEL PEMUSATAN LATIHAN
JURNAL PENELITIAN

MENINGKATKAN KEMAMPUAN LARI JARAK PENDEK MELALUI MODEL PEMUSATAN LATIHAN PADA SISWA KELAS VII R8 SMP NEGERI 3 SAMPIT TAHUN 2014/2015

Oleh: Romanti Simanullang, ... Selengkapnya


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN DISKUSI (“DESI”) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
JURNAL PENELITIAN


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN DISKUSI (“DESI”) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ZAKAT PESERTA DIDIK KELAS VIII R5 SMP NEGERI 3 SAMPIT ... Selengkapnya


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BENUA DAN SAMUDRA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENUGASAN TERSTRUKTUR
JURNAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BENUA DAN SAMUDRA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENUGASAN TERSTRUKTUR SISWA KELAS IX R5 SMP NEGERI 3 SAMPIT TAHUN ... Selengkapnya


MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI IDENTIFIKASI PERISTIWA DI SEKITAR SISWA
Oleh:Sri Wahyu Widayanti, S.Pd
Unit Kerja: SMP Negeri 3 Sampit
MGMP Bahasa Indonesia Laskar Pelangi
Kabupaten Kotawaringin
2015

I. Latar Belakang

Selengkapnya


PENERAPAN MODEL TGT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS REPORT
OLEH:JELITA, SPd
NIP 19701203 199503 2 004
GURU BAHASA INGGRIS SMP NEGERI 9 SAMPIT
ABSTRAK
Jelita, SPd.M.M.2015. Penerapan Model TGT dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Text ... Selengkapnya


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR ( THE 5 ELEARNING CYCLE MODEL )
UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN HIDUP SISWA KELAS VIII-3 SMP NEGERI 9 SAMPIT TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Oleh: WILLEM, S.Pd, M.M.
NIP ... Selengkapnya


MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI MODEL TUTORIAL BERBASI
DI SMP NEGERI 3 SAMPIT TAHUN 2014

JURNAL PENELITIAN
OLEH:MULYADI, S.Pd, M.M.
KEPALA SMP NEGERI 3 SAMPIT
ABSTRAK
Kata Kunci: lingkungan sebagai sumber belajar, ... Selengkapnya


Pelaksanaan Layanan Konseling Individu dalam Meningkatkan Kedisiplinan Mengikuti Pembelajaran
Siswa Kelas VII R6 SMP Negeri 4 Sampit pada Semester Dua Tahun Pelajaran 2014/2015

JURNAL PENELITIAN
Oleh: Dra. Herlina
Guru Layanan Konseling SMP Negeri 4 Sampit
Abstrak
Selengkapnya


MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM TEKS REPORT MELALUI ROLE PLAYING

OLEH: SITI MARIANAH
Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Sampit

I. PENDAHULUAN

Data mengenai peningkatan penguasaan kosakata siswa dan sikap siswa diperoleh berdasarkan ... Selengkapnya


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MASALAH PENYIMPANGAN SOSIAL
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERARAH
Oleh: SUSE, S.Pd
GURU IPS SMP NEGERI 1 SAMPIT


ABSTRAK
Tindakan dalam penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah dalam ... Selengkapnya


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MENGHARGAI HIDUP DENGAN MENJAUHI NARKOBA
MELALUI MODEL PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR
OLEH: LITAE, S.Pd.K
GURU PAK SMP NEGERI 1 SAMPIT

ABSTRAK
Kata Kunci: pemberian tugas terstruktur, hasil belajar, menghargai hidup ... Selengkapnya


MENINGKATKAN KETERAMPILANMENULIS CERPEN MELALUI TEKNIK SUNTING SILANG OLEH: KARDINA KADIR, S.Pd
GURU BAHASA INDONESIA SMPN 3 SAMPIT.


ABSTRAK
Kata kunci: keterampilan menulis, cerpen, teknik sunting silang
Siswa kelas IX R5 SMP Negeri 3 Sampit mengalami kesulitan ... Selengkapnya


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEOREMA PYTHAGORAS
MELALUI PEMBELAJARAN COOVERATIVE BERBASIS ALAT PERAGA





Oleh : MASRA,S.Pd
GURU MATEMATIKA SMPN 1 SAMPIT.

ABSTRAK
Kata Kunci : ... Selengkapnya


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MENJAGA DAN MELESTARIKAN ALAM
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN UNJUK KERJA

Oleh:LITAE, S.Pd.K
Guru Pendidikan Agama Kristen SMP Negeri 1 Sampit

ABSTRAK
Kata Kunci: hasil belajar, menjaga dan ... Selengkapnya


PENGGUNAAN MEDIA BENDA ALAM SEKITAR SEBAGAI SUMBER TEMA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUI
Oleh : MIRNA YUNIARTI,S.Pd
GURU BAHASA INDONESIASMPN 1 SAMPIT.


ABSTRAK
Kata Kunci : penggunaan media benda alam sekitar, sumber tema, menulis puisi..

Selengkapnya


MKKS Sebagai Pusat Pendeseminasian Best Practice
OLEH:MULYADI, S.Pd. Ina
Kepala SMPN-6 Sampit
2012


Pengertian, Ruang Lingkup, dan Ciri-ciri Best Practice

Kepala sekolah sebagai pemimpin dan pengawas ... Selengkapnya


EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA
Oleh: Dra. SRIE HAYANI
(Guru Bimbingan Konseling SMP Negeri 1 Sampit)

ABSTRAK
Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Melalui Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Bagi Siswa ... Selengkapnya


LOMBA ARTIKEL ILMIAHHUT PGRI KOTIM 2014
PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL SISWA KELAS IX R-1 SMP NEGERI 1 SAMPIT TAHUN 2014
Oleh: Hj. Elpiah, S.Pd
Selengkapnya


Siaran Program BERMUTU di TVRI
Assalamu'alaikum wr.wb.

Yth. Bapak/Ibu Mitra Program BERMUTU,

Dengan hormat kami sampaikan bahwa Program BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal ... Selengkapnya


Artikel "laboratorium Sekolah dan Pendekatan Saintifik"
Laboratorium Sekolah dalam Pendekatan Saintifik
Oleh : Umar Talaohu ( Widyaiswara LPMP Maluku )

Proses pembelajaran yang menyenangkan dan menantang tidak mungkin tercapai dengan baik ... Selengkapnya


Artikel "Menghabiskan Geng di Sekolah'
Menghabiskan Geng di Sekolah
Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)

Tujuan orang tua memasukkan anaknya ke sebuah sekolah adalah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, membentuk ... Selengkapnya


Artikel "Peran Orang Tua di Kurikulum 2013"
Peran Orang Tua di Kurikulum 2013
Oleh : Rusyda Leily, S.Pd.MSn (Kepala SMPN.2 Padang Ganting)

“Sakali aia gadang, sakali pulo tapian barubah”, pepatah inipun merambah dunia pendidikan ... Selengkapnya


Artikel "Penjernihan Emosi Peserta Didik"
Penjernihan Emosi Peserta Didik
Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)

Sedih sekali rasanya ketika kita mendengar adanya berita peserta didik yang berkelahi dengan sesamanya, apalagi ... Selengkapnya


Artikel "Guru Tematik di Sekolah Dasar"

Guru Tematik di Sekolah Dasar
Oleh: Deffi Suryani ( Guru SDN.33 Batipuh Tanah Datar )

Seorang guru akan dapat menggerakkan segala potensi yang dimiliki oleh peserta didiknya ... Selengkapnya


Artikel "Ketulusan Hati Dalam Mengajar"
KETULUSAN HATI DALAM MENGAJAR
Oleh: HASFIANORA (Guru SMKN.1 Koto Baru Dharmasraya)

Mencerdaskan kehidupan bangsa, itulah salah visi dari negara Indonesia merdeka, sebagaimana yang ... Selengkapnya


Artikel "Guru Idaman"
GURU IDAMAN
Oleh : Umar Talaohu (Widyaiswara LPMP Maluku)

Menjadi guru idaman peserta didik merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi seorang guru.Apabila pada suatu hari seorang guru ... Selengkapnya


Artikel "Undang-undang Pilkada dan Kinerja Kepala Sekolah"
UU Pilkada dan Kinerja Kepala Sekolah
Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)

DPR RI Periode 2009-2014 akhirnya pada hari kamis malam tanggal 25 September 2014 telah menetapkan ... Selengkapnya


Artikel"Menjadi Guru Matematika Idola"
Menjadi Guru Matematika Idola

Oleh : Ike Fitri Wardani
(Guru Matematika SMAN 1 Timpeh, Kab.Dharmasraya)



Bagi sebagian peserta didik, matematika merupakan ... Selengkapnya


Artikel "Titik Tekan Kurikulum 2013"
Titik Tekan Kurikulum 2013
Oleh : Duwi Tri Lestari (Widyaiswara LPMP Riau)


Kurikulum 2013 secara serentak di tanah air dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2014/2015 ini. ... Selengkapnya


Artikel 'Kepala Sekolah Harapan"
Kepala Sekolah Harapan
Oleh : Umar Talaohu (Widyaiswara LPMP Maluku)
Tidak jarang kegagalan pendidikan dan pembelajaran di sebuah sekolah disebabkan oleh kurangnya pemahaman seorang kepala ... Selengkapnya


Artkel"PPDB dan Evaluasi Diri Sekolah"
PPDB dan Evaluasi Diri Sekolah
Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) baru saja berakhir. Dari hasil pendaftaran ulang dapat kita lihat, ada ... Selengkapnya


Artikel "Guru di Kurikulum 2013"
Guru di Kurikulum 2013
Oleh : Feri Fren ( Widyaiswara LPMP Prov.Sumbar )

Kurikulum 2013 embrionya adalah pendidikan karakter. Karakter tidak diajarkan kepada peserta didik, tetapi ... Selengkapnya


Artikel "Pola Penempatan kepala Sekolah"
POLA PENEMPATAN KEPALA SEKOLAH
Oleh : Umar Talaohu ( Widyaiswara LPMP Maluku )

Warna sebuah sekolah sangat ditentukan oleh warna Kepala Sekolahnya, untuk itu diperlukan Kepala Sekolah ... Selengkapnya


Artikel "KKG BERMUTU dan Profesional Guru SD"
ARTIKEL PENDIDIKAN
KKG BERMUTU DAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR

Oleh :
Siti Kamariah, S.Pd
Guru SDN 04 Talago Kecamatan Lubuksikaping Kabupaten Pasaman


Selengkapnya


Artikel "Wali Kelas"
WALI KELAS
Oleh : Umar Talaohu ( Widyaiswara LPMP Maluku )

Kesuksesan seorang peserta didik di sekolah tidak hanya ditentukan oleh intelegensi semata, tetapi juga dipengaruhi oleh ... Selengkapnya


Artikel "Mengajar Ada Tricknya
MENGAJAR ADA TRICK NYA
Oleh : Umar Talaohu
( Widyaiswara LPMP Maluku )

Ketika seorang guru memberikan pelajaran kepada siswa,banyak kendala yang ditemui seperti banyaknya materi ... Selengkapnya


Artikel "Pembelajaran Remote Control"
Pembelajaran Remote Control
Oleh : Feri Fren ( Widyaiswara LPMP Sumbar )

Selamat pagi anak-anak, sekarang tolong buka buku pelajaran halaman dua puluh tiga, kerjakan latihan tiga soal ... Selengkapnya


Artikel "Pendidikan Karakter"
PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KURIKULUM 2013, BERHASILKAH?
Oleh : SRI RAKHMAWANTI


Sebelum kita membahas topik ini lebih jauh lagi saya akan memberikan data dan fakta berikut, 158 ... Selengkapnya


Artikel "Perempuan dan Politik"
Perempuan dan Politik,
antara Aturan dan Kenyataan
Oleh : Feri Fren
( Artikel untuk lomba menulis wartawan yang diadakan oleh Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan masyarakat (LP2M) ... Selengkapnya


Best Practice: Kupertaruhkan Segala Kemampuan di Tengah Hebatnya Teman-teman Oleh: Siti Sulikah, S.P

Sekolah menengah pertama (SMP) Negeri I Sampit merupakan tempat saya mengabdi. SMP ini merupakan satu-satunya sekolah di kota Sampit yang pernah menyandang kategori “Sekolah Rintisan Berbasis ... Selengkapnya


Artikel "Sekolah Idola"
Sekolah Idola
Oleh : Feri Fren ( Widyaiswara LPMP Sumbar )

Tertarik membaca sebuah tulisan diharian singgalang (Kamis, 16 januari 2014) yang menyatakan “Minat masuk SMP berkurang”.Hal ini ... Selengkapnya


Artikel " Hormat Kepada Guru"
Hormat Kepada Guru
Oleh : Feri Fren ( Widyaiswara LPMP Sumbar )
Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru, namamu akan selalu hidup dalam sanubariku. Engkau sebagai pelita dalam kegelapan, engkau ... Selengkapnya


Maju terus TIK di daerah terpencil
... Selengkapnya


wajib sarjana dan dilema pemerataan guru
... Selengkapnya


Haruskah TIK Dihapuskan pada Kurikulum 2013 ?
... Selengkapnya



Guru TIK Kabupaten Aceh Tamiang sedang melaksanakan MGMP mereflikasi Pogram ... Selengkapnya


Artikel " Konsep dan Instrumen Kesehatan Mental"
KONSEP DAN INSTRUMEN KESEHATAN MENTAL
Oleh: Buksi Lumbessy
Widyaiswara pada LPMP Maluku Utara

Abstrak, Kesehatan mental adalah terhin-darnya orang dari gejala-gejala gangguan jiwa ... Selengkapnya


Artikel " Kreativitas Guru di Kurikulum Baru"
Kreativitas Guru di Kurikulum Baru
Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)

Teringat sewaktu kita sekolah dulu, ada perintah guru untuk membuat gambar bebas. Kebanyakan peserta didik ... Selengkapnya


KKG Batu Sarunai Optimalkan Kegiatan
Oleh : Kardianus,S.Pd ( Ketua KKG Batu Sarunai Kab Kotim )
Melaksanakan keberlanjutan program BERMUTU, KKG Batu Sarunai melaksanakan Kegiatan sesuai dengan program yang disusun . KKG yang ... Selengkapnya


sertifikasi, nikmat membawa sengsara
... Selengkapnya


Artikel " Etika Kepengawasan "
ETIKA KEPENGAWASAN
Iryasman

Pendahuluan
Saat kami sedang belajar, dari pintu jendela terlihat seorang bapak paruh baya memasuki halaman pekarangan sekolah. Dengan gagah dan ... Selengkapnya


Artikel " Menjadi Kepsek Yang Tidak Takut Mutasi "
MENJADI KEPSEK YANG TIDAK TAKUT MUTASI
Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)
Di era otonomi daerah mutasi tiap sebentar bergulir. Jabatan kepala sekolahpun tak luput dari sasaran. Apabila ... Selengkapnya


Artikel " Membuat Belajar Fisika Asyik"
MEMBUAT BELAJAR FISIKA ASYIK
Oleh : Feri Fren
Widyaiswara LPMP Sumbar
Masih teringat sewaktu kita kecil dulu, membuat mainan baling-baling dari kertas, bahagia sekali rasanya ketika ... Selengkapnya


Artikel " Disiplin Siswa Karakter Guru "
DISIPLIN SISWA KARAKTER GURU
Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumatera Barat)

Disiplin…disiplin…..dan disiplin. Kata-kata itu sangat mudah untuk diucapkan. tetapi sangat sulit untuk ... Selengkapnya


Enjoy dalam Finalisasi dan Pengunggahan Data
Senyum kulum menghias bibir peserta ketika Prof Abdor berujar malam ini usai sudah kegiatan kita. Jam di hpku menunjukkan pukul 10.30 Wita. Alhamdulillah target pekerjaan pun tercapai. Semua ini berkat tahap ... Selengkapnya


Kegiatan KKG di Kabupaten Gorontalo
Kegiatan KKG dan MGMP di Kabupaten Gorontalo dalam rangka keberlanjutan program BERMUTU dibuka oleh Kepala Dinas Prndidikan Nasional Kabupaten Gorontalo. Pembukaan untuk kegiatan KKG dibuka di Kecamatan Telaga ... Selengkapnya


Artikel "Bukan Kepala sekolah NATO"

Bukan Kepala Sekolah NATO
Oleh : Feri Fren ( Widyaiswara LPMP Sumbar )
Tidak jarang kita mendengar ada kepala sekolah yang menerima ancaman, baik yang datang dari luar maupun dari dalam ... Selengkapnya


Workshop Inventarisasi Data untuk PCR Regional Tengah Program BERMUTU
Workshop Inventarisasi Data untuk PCR Regional Tengah Program BERMUTU dilaksanakan di Hotel Grand Mercure Jakarta dari tanggal 29 Juli s.d. 2 Agustus 2013 dan dihadiri oleh 3 LPMP (Jawa Barat, Jawa Tengah, ... Selengkapnya


Penguatan Guru Remote Melalui Program BERMUTU
Pada kegiatan Simposium BERMUTU 2013, menurut wakil ketua Dewan Juri, Prof. Dr. Yosef Paramata, para peserta simposium yang berasal dari 53 KKG, 59 MGMP, 25 KKKS/MKKS, 15 KKPS/MKPS, dan 13 widyaiswara dari ... Selengkapnya


Wahyudi, S.Pd.I Juara Umum Simposium BERMUTU 2013
Memilih seorang juara umum dari 175 peserta Simposium bukanlah hal mudah. Seperti yang dikatakan oleh salah seorang juri, meski, jika dibuat rangking, nilai peserta mulai dari 50 sampai 91, tetapi memang ... Selengkapnya


Serunya Simposium BERMUTU 2013
Seawal pukul 07.30 WIB, para pengawas, kepala sekolah, dan guru yang diundang ke Hotel Mercure Ancol sudah berkumpul di Aula Pulau Bidadari. Hari itu, mereka akan berlaga memperebutkan posisi sebagai juara ... Selengkapnya


EFEKTIFKAH KTSP,SESUAIKAN KURIKKULUM 2013 Oleh TASDIM ARDIAN S.
Diibaratkan bahwa pendidikan adalah sebuah bangunan, maka untuk membuat sebuah bangunan dengan kualitas yang baik diperlukan fondasi yang kuat agar bangunan yang berdiri nanti dapat berdiri dengan kokoh, tegak ... Selengkapnya


Hangatnya Pembahasan Perbup/Perwali tentang Pendidikan di Hotel Aston
Layaknya anggota DPR yang ingin membahas peraturan perundang-undangan, peserta inventarisasi kebijakan pendidikan di daerah dalam rangka mendukung keberlanjutan (sustainability) Program Pembinaan Keprofesian ... Selengkapnya


MATEMATIKA GEMBIRA, CARA MENYENANGKAN SAAT BELAJAR MATEMATIKA

By. TITI NURHIDAYAH, SP. Guru Matematika MTsN Mentaya Hilir Selatan

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia. ... Selengkapnya


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM AC
Oleh : Suhartono
Latar Belakang
Kualitas pendidikan sebagai salah satu pilar pengembangan sumber daya manusia yang bermakna, sangat penting bagi pembangunan nasional . Bahkan dapat dikatakan ... Selengkapnya


ARTIKEL ILMIAH PEMBERDAYAAN POTENSI SISWA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEBAYA
Oleh : Srie Haryatie,S.Pd
Guru MTsN Mentaya Hilir Selatan
Saat ini, terdapat penomena bahwa pembelajaran matematika memiliki banyak kendala dan hambatan. Hal itu ditunjukan oleh sejumlah ... Selengkapnya


Kegiatan Inventarisasi Kebijakan Pendidikan di Daerah yang Mendukung Sustainability Program BERMUTU
Program BERMUTU yang memberikan dampak positif dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja guru harus dapat dilanjutkan pasca berakhirnya Program BERMUTU di akhir Desember 2013. Salah satu komponen penting yang ... Selengkapnya


Pertemuan Awal untuk Persiapan Audit World Bank
Bertempat di Ruang Sidang Direktorat P2TK Dikdas, pada Hari Senin tanggal 10 Juni 2013, dilakukan pertemuan awal untuk persiapan audit BERMUTU oleh Bank Dunia. Seperti dijelaskan oleh Direktur P2TK Dikdas, ... Selengkapnya


Workshop Persiapan Penyusunan dan Inventarisasi Data PCR Program Bermutu di Hotel Permata Bogor
Bertempat di Hotel Permata, Jalan Pajajaran Kota Bogor, Direktorat P2TK Dikdas melalui Program BERMUTU menyelenggarakan kegiatan Workshop Persiapan Penyusunan dan Inventarisasi Data PCR, sebagai tindak lanjut ... Selengkapnya


Workshop Persiapan Penyusunan Data PCR di Aston Hotel
PENYIAPAN PROJECT COMPLETION REPORT DAN EXIT STRATEGY
UNTUK PINJAMAN BLN YANG AKAN SEGERA BERAKHIR


Menjelang paruh waktu tahun 2013, DIPA baru ketuk palu, dengan seabreg kegiatan ... Selengkapnya


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DI MGMP GEOMETRI KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR
MGMP Geometri Kabupaten Kotawaringin Timur melaksanakan pertemuan rutin. Kegiatan yang dilaksanakan di SMP Negeri 10 Sampit itu dihadiri sejumlah timpengembang program BERMUTU, baik dari PCT, DCT, maupun ... Selengkapnya


KKG TUALAN RAYA KEC. PARENGGEAN KEMBANGKAN KARYA SENI DAN KARYA INOVATIF
KKG Tualan Raya Kecamatan parenggean kabupaten Kotawaringin Timur melaksanakan pertemuan rutin. Kegiatan yang dilaksanakan di SDN 2 Parenggean itu diisi dengan berbagai agenda. Didampingi para kepala ... Selengkapnya


Bakti Peduli Lingkungan di SMP N 10 Sampit
Pengembangan manajemen sekolah berbasis peduli lingkungan di SMP N 10 Sampit dilaksanakan secara berkelanjutan. Salah satu realisasi program tersebut, SMP N 10 Sampit melaksnakan program bakti peduli ... Selengkapnya


Bakti Peduli Lingkungan di SMP N 10 Sampit
Pengembangan manajemen sekolah berbasis peduli lingkungan di SMP N 10 Sampit dilaksanakan secara berkelanjutan. Salah satu realisasi program tersebut, SMP N 10 Sampit melaksnakan program bakti peduli ... Selengkapnya


Pegembangan Program Berbasis Lingkungan di SMP N 10 Sampit
OLEH: I KETUT NAYA, S.Pd
Menuju pengembangan manajemen sekolah secara berkelanjutan, SMP N 10 Sampit melaksanakan rapat koordinasi terpadu yang diikuti seluruh para guru dan pengurus OSIS. Rapat yang ... Selengkapnya


MGMP BAHASA INGGRIS “EXCELLENT” dan MGMP “ARITMATIKA” KAB. KOTIM SELENGGARAKAN SEMINAR HASIL PTK PRO
Seminar hasil Penelitian Tindakan Kelas ini diselenggarakan oleh MGMP Excellent dan MGMP Aritmetika Kab. Kotim pada Sabtu, 27 April 2013 bertempat di aula SMPN 1 Samuda yang dihadiri 25 peserta anggota kedua ... Selengkapnya


DUTA SISWA SMK KOTIM DALAM ANJUNGAN PEKAN ADAT DAYAK 2013 DI ISTORA JAKARTA
Dua siswa SMK N 1 Sampit dan dua siswa SMK N 2 sampit menjadi duta pemandu anjungan paneran di Stand Dinas Pendidikan Prov Kalteng dalam rangka pekan Budaya Adat Dayak yang diselenggarakan di Istora Senayan ... Selengkapnya


Negeri Kaya Budaya
Pekan Budaya Dayak tahun 2013 menjadi ajang unjuk kekayaan budaya negeri yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika ini. Indonesia memang kaya budaya. Tampilan empat provinsi, Kaltim, Kalsel, Kalteng, dan ... Selengkapnya


Layanan Gratis Transportasi Penyeberangan.
Dinas Pendidikan Prov. Kalteng merealisasikan program pengelolaan dana BOS secara transparan. Salah satu program itu dikembangkan dengan cara kompetisi. Pada tahun ini, kompetisi diwujudkan dalam bentuk lomba ... Selengkapnya


ANJUNGAN DISDIK PROV KALTENG DI ISTORA JAKARTA
Pekan Budaya Dayak Tahun 2013 yang dilaksanakan di Istora Jakarta menjadi ajang unjuk karya inovasi dan kreasi sesuai dengan potensi empat provinsi yang ada di Kalimantan. Dinas Pendidikan Prov. Kalteng dalam ... Selengkapnya


Menempuh Asa di SMP 10 Sampit
SMP Negeri 10 Sampit beralamat di Jl H.M. Arsyad Km 17.5 Sampit. Sekolah yang masih relatif muda ini memiliki daya dukung yang diupayakan untuk dapat diberdayakan seoptimal mungkin oleh seluruh tim sekolah. ... Selengkapnya


PENCERAHAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH MENJELANG UN
Oleh: Hamdin, M.Pd
Kepala SMPN 1 MHS
Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringan (Kotim) memberikan pencerahan hati dan motivasi kepada guru dan kepala sekolah di ... Selengkapnya


MKKS KI HAJAR DEWANTARA KAB. KOTIM SELENGGARAKAN RAKOR TERPADU
Oleh: Suriansyah, S.Pd, M.M.

Menuju sukses pelaksanaan UN 2013, MKKS Ki Hajar Dewantara Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melaksanakan rapat koordinasi terpadu.
Acara yang dilaksanakan ... Selengkapnya


IMPLEMENTASI PENDIKARBANG DI SMP NEGERI 2 PULAU HANAUT

Oleh: KARTINA, S.Pd M.M.

SMP Negeri 2 Pulau Hanaut termasuk sekolah di wilayah pelosok. Sekolah ini berada di wilayah yang cukup terpencil. Secara geografis, sekolah berada dalam ... Selengkapnya


PELATIHAN LDK DAN MOTIVASI SPRITUAL OSIS SMP N 1 MHS
Oleh : Norhayati Gemar,S.Pd
Dalam rangka memberikan bekal Kepemimpinan berorganisasi,Berbangsa dan bernegara pengurus OSIS SMP N 1 MHS di dampingi guru pelatih ibu Norhayati Gemar,S.Pd mengikuti ... Selengkapnya


PELATIHAN LDK DAN MOTIVASI SPRITUAL OSIS SMP N 1 MHS
Oleh: Norhayati Gemar,S.pd
Dalam rangka menanamkan dan memberikan bekal kepemiimpinan ber organisasi,berbangsa dan bernegara,pengurus OSIS SMP Negeri 1 mentaya Hilir Selatan yang didampingi oleh Ibu ... Selengkapnya


SOSIALISASIKAN PEDOMAN KERJA TENTANG MEKANISME PENANGANAN PERKARA DAN PENGAMANAN TERHADAP PROFESI GU
Pertumbuhan penduduk dewasa ini diiringi dengan kurangnya pemahaman tentang reformasi dan demokrasi tentunya akan menimbulkan berbagai macam permasalahan yang berkembang baik permasalahan soial, politik, ... Selengkapnya


Program MGMP Bermutu Wil 3 Cimalaka sudah hampir berakhir
Program MGMP Bermutu Wil 3 Cimalaka yang berlokasi disekretariat SMPN 2 Cimalaka Kab Sumedang sudah hampir ... Selengkapnya


Formulasi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Gelar OSN Kab. Kotim di SMP N 4 Sampit
Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa dilaskanakan dengan prinsip (1) berkelanjutan, (2) melalui semua mata pelajaran (saling menguatkan), muatan lokal, kepribadian, dan budaya sekolah, (3) ... Selengkapnya


Pendampingan Pengawas di SD N 2 Pelangsian
Oleh: KATMINI, S.Pd, MSi

Pengawas Sekolah (PS) SD N 2 Pelangsian Kecamatan Seranau Kabupaten Kotawaringin Timur melakukan pembinaan dan penjejakan terhadap penerapan dan keberhasilan program ... Selengkapnya


KEGIATAN OPEN CLAS (LESSON STUDY)
KKG GUGUS Bermutu 04 Rambipuji menindaklanjuti program BERMUTU dengan mengadakan kegiatan open class. Kegiatan ini memfokuskan pada kegiatan guru di kelas, namun sebelumnya guru mempersiapkan perangkat ... Selengkapnya


PELATIHAN PENULISAN KARYA JURNALISTIK SMP NEGERI 9 SAMPIT
Smp Negeri 9 Sampit Selenggarakan Pelatiha Penulisan Karya Jurnalistik bagi siswa. Kegiatan yang dilaksanakan di aula SMP yang beralamat di Jl. Cilik Riwut Km 9 Sampit itu diikuti oleh seluruh pengurus OSIS ... Selengkapnya


PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI SISWA DI SEKOLAH TERPENCIL Oleh: Katmini, S.Pd, M.Si


SD Negeri 2 Pelangsian secara geografis termasuk sekolah terpencil. Daya dukung infrastruktur membuat sekolah ini memiliki daya jangkau yang sangat terbatas. Satu-satunya sarana transportasi, ... Selengkapnya


PELATIHAN ICT KKG 04 BERMUTU RAMBIPUJI

Pada semester II di tahun ke III program BERMUTU, KKG 04 Rambpuji menyelenggarakan pelatihan ICT untuk peserta inti yang terdiri dari 20 guru. Pelatihan ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari ... Selengkapnya


ARTIKEL Implementasi Kebijakan Prestasi Bintang Melalui Pembelajaran Matematika
Implementasi Kebijakan Prestasi Bintang Melalui Umpan Balik pemberian poin Pada Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 1 Mentaya Hilir Selatan
Oleh:Norhayati Gemar(MGMP Aritmatika Kotim)
Selengkapnya


KIPRAH KKKS DALAM WADAH ORGANISASI GURU DI KECAMATAN PANGKALAN LADA
Oleh KHoyum Makrus,S.Pd.I
Guru SDN-2 Sungai Melawen

Konfrensi Cabang (Koncab) Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI ) Kecamatan Pangkalan Lada yang berlangsung di Aula Kecamatan ... Selengkapnya


MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE BE A BE (BINGO ANT BALL)
ABSTRAK
Seorang guru mempunyai tanggung jawab membantu peserta didik dalam hal belajar. Dalam proses pembelajaran, guru menyampaikan pembelajaran, memecahkan masala-masalah yang terjadi dalam kelas, dan ... Selengkapnya


KEGIATAN ONSERVICE KKG GUGUS BERMUTU 04 RAMBIPUJI JEMBER
Pada tanggal 17 Januari 2013 KKG gugus BERMUTU 04 Rambipuji bertempat di SDN Nogosari 04 mengadakan kegiatan onservice dengan materi Penilaian Kinerja Guru (PKG). Pertemuan ini dimulai pada pukul 09.00 yang ... Selengkapnya


KEGIATAN ONSERVICE KKG BERMUTU GUGUS 04 KECAMATAN KALISAT
Kegiatan onservice KKG GUGUS 04 BERMUTU Kecamatan Kalisat, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 November 2012. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 – 14.00 WIB yang bertempat di SD inti, yaitu SDN Gambiran 01. ... Selengkapnya


MGMP BAHASA INGGRIS SMP/MTs “SMART” KAB. KOTIM SELENGGARAKAN SEMINAR HASIL PTK OLEH K RISTINI, S.Pd
Seminar hasil Penelitian Tindakan Kelas ini diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Inggris SMP/MTs Kab. Kotim pada Rabu, 23 Januari 2013 yang dihadiri 30 peserta anggota MGMPyang berasal dari berbagai sekolah di ... Selengkapnya


KKG REMOTE BINA PRESTASI KEMBANGKAN KARYA INOVATIF
Oleh: Tri Sarono, S.Pd


KkKG Bina Pestasi Kecamatan Telaga Antang terus mengembangkan program. Dikomandani, Juhadi, S.Pd, KKG ini ditopang kuat oleh para pemandu, yakni, Sri Yati Marlin ... Selengkapnya


FORMULASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS
Oleh: Hj. Elpiah, S.Pd, M.MPd
Guru SMP N 1 RSBI Sampit


Semua mata pelajaran dapat diberdayakan dalam pelaksanaan pendidikan karakter bangsa (Pendikarbang) . Salah satunya adalah ... Selengkapnya


Karya Pengembangan Karir Guru SMP Kotim
Workshop Karya Pengembangan Karir Guru SMP Kotim digelar di Selasa (18/12 s.d 23/12) di aula BPG Mini Sampit.

Kegiatan diikuti para guru yang tergabung dalam MGMP Bahasa Inggris, MGMP Bahasa ... Selengkapnya


MTsN Sampit Gelar Workshop PK Guru
Oleh: Ismed, S.Pd

MTsN Sampit Gelar Workshop PK Guru. Kegitan yang dibuka oleh Kepala Kemenag Kotim itu dilaksanakan di Kompleks MTsN Sampit selama 2 hari. Minggu (16/12) kegiatan diisi oleh ... Selengkapnya


WORKSHOP PK GURU PKB DAN DAPODIK KEPALA SMA/SMK KOTIM
Kepala SMA dan SMK Kab. Kotim melaksanakan workshop PK Guru, PKB, dan Pengelolaan Dapodik, Kamis (13/12) di BPG Mini Jl. P. Sudirman Km 7 Sampit. Kegiatan mennghadirkan nara sumber, widya iswara dari LPMP ... Selengkapnya


Seminar “Upload” Motivasi Guru Guru Kotim

Bertempat di gedung Serbaguna Sampit, Sabtu (8/12) lebih seribu guru menggunggah motivasi bagi pengembangan kompetesinya. Acara yang dikemas dalam seminar nasional itu mengahadirkan nara sumber handal, ... Selengkapnya


Peserta Seminar Nasional Guru KOTIM Sangat Antusias
Seluruh peserta dengan antusias mengikuti acara yang berlangsung hingga pukul 13.00 itu. Seminar diawali dengan paparan curiculumvite yang dibawakan notulis - Esther Rachmadiasari-Kepala SMK N Telawang. Di ... Selengkapnya


PGRI Kotim Gelar Seminar Mandiri

Para guru penerima tunjangan sertifikasi Kotim secara mandiri mengikuti seminar nasional yang mengahadirkan nara sumber handal, Dr. Umi Dayanti M.Pd, motivator dari Universitas Negeri Malang (UM). ... Selengkapnya


MGMP Excellent Belajar Karya Inovatif Guru
Oleh: Sukban Abdul Aziz,SS

Melalui program Pengembangan Diri PTK Dikdas MGMP Excellent dan MGMP Aritmatika Kotim mengadakan pertemuan rutin kedua bertempat di SMPN 1 Mentaya Hilir Utara. Dengan ... Selengkapnya


MGMP CHARLES DARWIN: MENULIS JURNAL PENELITIAN
MGMP IPA Charles Darwin Kab. Kotim dalam pertemuan rutin di sekretariat - SMP N Sampit mengembangkan kemampuan para anggota dalam menulis jurnal penelitian. Pengembangan kemampuan tersebut dilakukan setelah ... Selengkapnya


POTRET MEMAKNAI HARI GURU NASIONAL Oleh: DIANA CANDRA SADEWI,ST SMP N 8 Sampit
Sering terjadi, pandangan sebelah mata kesalahan yang dilakukan siswa sebagai akibat ketidakberhasilan guru. Tentu saja pandangan itu tidak proporsional antara 3 komponen stage holder, sekolah, masyarakat dan ... Selengkapnya


Kontribusi Guru Mengubah Rasa Benci Menjadi Senang Siswa Pada Matematika
Oleh : Ninik Sumarni, ST

I Hate Math !!’, atau yang lebih halus ‘Aku tidak Suka Matematika’. Pernyataan itulah yang sering kita dengar dari sebagian besar anak-anak didik kita, bahkan anak-anak ... Selengkapnya


MGMP ARIT MATIKA MELAKSANKAN WORKSHOP PENGEMBANGAN KARIR MELALUI KARYA INOVATIF GURU
Oeh: MGMP Aritmatika Kotim

Setelah pertemuan pertama di Almadaniah Samuda,MGMP Aritmatika kembali melakukan workshop program pengembangan karir PTK Dikdas di SMP Negeri 1 Mentaya Hulir ... Selengkapnya


UTS sebagai Jembatan Komunikasi Perkembangan Anak
Oleh: Sitti Wahidah
SMP N 2 Sampit

Penyampaian hasil UTS kepada orang tua di SMP N 2 Sampit dimaksudkan sebagai jembatan komunikasi antara sekolah dengan orang tua. Hal itu ... Selengkapnya


MGMP Bahasa Inggris SMP/MTs Kab. Kotim selenggarakan Workshop Pengembangan Karir Materi Penyusunan
MGMP bahasa Inggris SMP/MTs "SMART" Kab. Kotim melaksanakan workshop program revitalisasi kompetensi guru melalui Program Pengembangan Karir pengembangan karir dengan Materi KTI. Dalam kesempatan kegiatan ... Selengkapnya


Yuli Hasuti: Tips Menarik Melaksanakan PTK
Dalam kesempatan Seminar PTK yang dilaksanakan MGMP IPA Charles Darwin Kab. Kotim di Laboratorium IPA SMP N 1 RSBI Sampit (Sabtu, 24/11)sebagai pereviw utama, Dra. Hj Yuli Hastuti M.Sc,- Widya Iswara LPMP ... Selengkapnya


MGMP IPA CHARLES DARWIN KAB. KOTIM SELENGGARAKAN SEMINAR PTK
Mlanjutkan hasil pelaksanaan program, bertempat di Laboratorium IPA SMP N 1 RSBI Sampit (Sabtu, 24/11) MGMP IPA Charles Darwin Kab. Kotim menyelenggarakan Seminar PTK. Untuk menguatkan hasil kegiatan, ... Selengkapnya


Diklat Pengembangan Karir Guru Berbasis MGMP di Wilayah Samuda Kab. Kotim
Oleh: Nurhayati Gemar, S.Pd

MGMP Excellent dan MGMP Aritmatika Sub Wilayah Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur, bertempat di Kecamatan Metaya Hilir Selatan, secara terpadu, melaksanakan ... Selengkapnya


IN SERVICE TERPADU MGMP WILAYAH SELATAN KOTIM
Oleh: Suriansyah, S.Pd

Program pengembangan karir guru terus dipacu. Salah satu komitmen program tersebut terealisasi di Sub Wilayah Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur, yakni di Kecamatan ... Selengkapnya


Dampak Belajar di Rumah bagi Prestasi Siswa di Sekolah
0leh : Sri Wahyu Widayanti,S.Pd

Jawablah dengan Jujur! Siapa diantara kalian yang malam tadi belajar bahasa Indonesia? Tidak ada satu pun yang menjawab. Siapa yang tadi malam belajar? Satu ... Selengkapnya


MENYENTUH PENDIDIKAN DAERAH TERPENCIL MELALUI PENYEDIAAN INFRASTRUKTUR SEKOLAH
Oleh : Muji Riyanto, S.Pd*

Pendidikan adalah cermin dari martabat sebuah Negara. Negara dapat dikatakan maju apabila pendidikan yang diterima oleh rakyatnya memiliki mutu yang memadai. ... Selengkapnya


PENGUASAAN SUBSTANSI MATERI ESSENSIAL SEBAGAI INDIKATOR GURU PROFESIONAL
Oleh: ELLI HERAWATI,S.Pd.M.M.Pd

Guru disebut juga sebagai Pahlawan tanpa tanda jasa. Predikat ini selalu melekat dalam jiwanya. Inilah sebaris kalimat yang sampai sekarang masih akrab dan tak ... Selengkapnya


SPENDA SAMPIT LAKUKAN PEMBINAAN PRESTASI BERBASIS BAKAT MENUJU PUNCAK KEBERHASILAN


Oleh:Nursari Fauziah

Ajang kompetensi bagi peserta didik selalu diadakan setiap tahun. Kegiatan itu dilakspeserta didikan dalam berbagai jenjang, dimulai dari tingkat sekolah, ... Selengkapnya


PEMBELAJARAN FISIKA BERMAKNA BAGI SISWA MTsN SAMPIT

Oleh: Tri Lisidyaningsih,S.Pi
Pembelajaran IPA khususnya fisika diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan ... Selengkapnya


Alam Sumber Inspirasi Pembelajaran IPA
OLEH: HASANUDDIN MS.,S.Pd
GURU PELAJARAN IPA TERPADU
SMPN SATAP 1 BAAMANG
Siswa di daerah pedesaan yang memiliki karakteristik pada tataran operasional konkrit. Hal itu menuntut guru ... Selengkapnya


BUDAYA BERGURU PADA SEJAWAT DI SMP NEGERI 1 SAMPIT
Oleh: UMI FAIZAH, SPd

Program induksi dilaksanakan sebagai strategi untuk meningkatkan efektivitas guru. Induksi memberikan jembatan yang penting bagi guru pemula untuk menjadi guru profesional. ... Selengkapnya


BANK MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN DI SMPN 1 SAMPIT
OLEH :ROHANA,S.Pd, MMPd
Pada kenyataannya, kearifan lokal untuk sementara ini hanya untuk mata pelajaran muatan lokal. Idealnya kearifan lokal dapat juga dimanfaatkan untuk lintas mata pelajaran. Salah ... Selengkapnya


GURU SATAP 2 BAAMANG PERDAYAKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA TANPA MEDIA
Oleh:Awalin Nisa’ul Husna,S.Si

Pembelajaran IPA di SMP N SATAP 2 BAAMANG diupayakan ideal. Penggunakan media pembelajaran mempunyai pengarush penting terhadap hasil belajar siswa. Dalam hal ... Selengkapnya


Entri Data M&E Program BERMUTU Bermakna Progresif
Entri Data M&E Program BERMUTU Bermakna Progresif. Selain untuk kepentingan pelaporan kepada Bank Dunia, program entri data juga memiliki multimakna. Melalui data yang disajikan dengan tepat dan baik, ... Selengkapnya


Tim Pengembang Program BERMUTU Pusat Lembur Entri Data
Bukan semata-mata alasan kejar tayang, tim entri data program BERMUTU tingkat Nasional itu berjuang menyelesaikan entri data hasil M&E BERMUTU tahun 2012.secara langsung oleh tokoh program BERMUTU Nasional, ... Selengkapnya


Materi Entri Data ME BERMUTU Menggunung

Data hasil kegiatan M&E BERMUTU dari 75 Provinsi se Indonesia dientri oleh tim pengembang program BERMUTU melalui workshop selama 2 hari di Hotel Mega Anggrek Jakarta. Kegiatan entri data itu ... Selengkapnya


Dampak Program BERMUTU Terhadap Peningkatan Kinerja Guru
Dampak Program BERMUTU terhadap peningkatan kinerja guru di Indonesia sangat esensial. Hal itu diketahui dari capaian perkembangan kinerja guru yang diverifikasi dalam kegiatan entri data hasil ME bermutu. ... Selengkapnya


Tiga Pokja Entri Data ME BERMUTU Optimalkan Kinerja
Tiga Pokja Entri Data ME BERMUTU Peserta diklat Entry Data hasil ME BERMUTU memulai melaksanakan tugas secara optimal. Kelompok entri hasil ME DBL, mengolah data tentang, Dimensi 1: FASILITASI PEMANFAATAN ... Selengkapnya


WORKSHOP ENTRY DATA HASIL ME PROGRAM BERMUTU 2012
Menindaklanjuti hasil pelaksanaan program kegiatan monitoring dan evaluasi, PCU menyelenggarakan workshop entry data hasil ME program BERMUTU 2012. Kegiatan yang dilaksanakan dil Mega Anggrek Jakarta, 12 – 14 ... Selengkapnya


SMANDA SAMPIT GELAR PENGUATAN KOMPETENSI GURU
Bertempat di Aula SMANDA Sampit, Jumat (9/11) s.d Minggu (11/11) 65 guru mendapatkan kesempatan layanan pengutan kompetensi . Paket yang dikemas dalam formulai workshop itu menghadirkan sejumlah narasumber ... Selengkapnya


Pancaran Daya Inspiratif Guru IPA SMP Kotim
Pancaran daya inspiratif guru IPA SMP Kotim yang bergabung dalam MGMP Charles Darwin layak untuk diapresiasi. Beragam inovasi yang menggambarkan daya inspirasi tinggi mencuaat saat para guru IPA SMP dan SMP ... Selengkapnya


Pengembangan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah
Pengembangan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah
Kompetensi para guru dalam mengembangakan KTI harus lebih dioptimalkan. Salah satu ragam KTI yang harus mampu dihasilkan oleh guru adalah artikel ilmiah. ... Selengkapnya


MGMP CHARLES DARWIN SAMPIT KEMBANGKAN INOVASI
MGMP Charler Darwin Kab. Kotim yang bersekretariat di SMP N 1 RSBI Sampit terus mengembangkan program. MGMP yang mendapat dukungan anggaran dari program pengembangan PTK Reguler itu melalukan inovasi melalui ... Selengkapnya


Parade Siswa Smekta Menyambut Program MPLIK Com
SMK N 1 Telawang yang berada di Km 89 Sampit Pangkalan Bun terus berinovasi. Salah satu karya terkini, sekolah di pelosok ini menggelar program MPIk Kom sebagai upaya mengembangkan program teknologi bagi ... Selengkapnya


Workshop Kompetensi KTI MKKS SMK
Ada pengalaman yang menarik yang mencuat dalam pelaksanaan workshop KTI Kepala SMK di SMK N 1 Telawang. Dalam sebuah sesi, Kepala SMK N 3 Sampit mengemukakan pengalaman pahitnya dalam dunia kepenulisan. Drs ... Selengkapnya


SMEKTA GELAR KOMPETISI GRAFITY
Telawang KOTIM, Selasa 06 November 2012 menjadi momentum bagi keluarga besar SMK Negeri 1 Telawang di hari. yang cerah itu SMK Negeri 1 Telawang sukses menyelenggarakan berbagai program inovatif salah satu ... Selengkapnya


UKG Online sebagai Shock Terapi bagi Guru
Pemberian tunjangan profesi bagi guru, kepala sekolah maupun pengawas sekolah bukanlah sebuah hadiah secara cuma-cuma. Tunjangan ini diberikan kepada mereka yang sudah memiliki predikat guru profesional yang ... Selengkapnya


MKKS MENTAYA HAGATANG SAMPIT GELAR LOMBA KOMPETENSI GURU DAN PRESTASI SISWA BINAAN
Memaknai peringatan HUT PGRI dan Hari Guru serta dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda tahun 2012, MKKS SMP Se-Kab. Kotawaringin Timur menyelenggarakan lomba inovasi. Gebyar inovasi tahun ini dilaksanakan ... Selengkapnya


Membaca Pancaran Komitmen Tuan Rumah dalam Penyelenggaraan Study Visit
Berangam pembelajaran terpapar dalam setiap tahap kegiatan visit yang dilaksanakan MKKS se-Kotawaringin Timur ke MKKS Kotawaringin Barat itu.
Tuan rumah benar-benar memberikan pembelajaran betapa ... Selengkapnya


MoU Kemitraan Dilakukan MKKS Kobar dengan MKKS Kotim
Apa isi Mou Lintas MKKS di dua kabupaten bertetangga itu? Dalam naskah yang ditandatangani di malam ramah-tamah itu dituangkan si sebagai berikut. .
Dengan ini, sebagai implementasi pelaksanaan tugas ... Selengkapnya


MKKS SE-KOTIM LAKUKAN KUNJUNGAN DISEMINASI KE MKKS KOBAR
Kemitraan dikembangkan sejumlah MKKS dari Kotim dengan MKKS Kobar. Sejumlah MKKS tersebut adalah MKKS Mentaya Hagatang, MKKS Cilik Riwut, MKKS Ki Hajar Dewantoro, dan MKKS Betang Raya. Rombongan yang berangkat ... Selengkapnya


SMP Meranti Mustika: Dinamika Tempat Duduk Siswa Dalam Penerapan PAKEM
Realisasi PAKEM di SMP Meranti Mustika diupayakan dapat berkembang secara konstruktif. Salah satu indikatornya, SMP yang baru saja mendapat perhatian dengan prestasi nasionalnya itu melaksanakan replkikasi ... Selengkapnya


Mereplikasi Duta Kepala SMP Berprestasi dari Jambi
Drs. Herunoto, M.M – mengukir sejarah dalam mengabdikan diri dengan menyandang predikat bergensi “Duta Kepala SMP Berprestasi dari Jambi. Bapak Kepala SMP N 06 Merangin ini selalu berpenampilan dengan ... Selengkapnya


Mari Mereplikasi: Dasmiah, S.Pd M.Ap: Figur Kepala SMP Berprestasi dari Kalimantan Timur
PANCARAN prestasi apa yang dapat kita tangkap pertama dari ibu yang satu ini. Yang paling tepat adalah kepribadiannya. Dalam setiap kesempatan, Kepala SMP N 07 Samarinda ini selalu tampil perfect dalam ... Selengkapnya


SMP Meranti Mustika Sampit: Alumni Berpotensi Penyangga Daya Pengelolaan
Tahun 2012 nama SMP Meranti Mustika Sampit banyak menjadii buah bibir dalam pengembangan dunia pendidikan. Setelah beberapa tahun terakhir sejumlah prestasi nasional teraih, tahun ini Kepala SMP Meranti ... Selengkapnya


SMP Meranti Mustika Sampit: PTK Mendidik Pribadi Peserta Didik
Siejak mendapat kesempatan mengabdikan diri dSMP Meranti Mustika Sampit tahun 1990, Suyoso, yang tahun 2012 ini mendapat anugerah menjadi Kepala SMP Berprestasi Nasional, tetap berkomitmen mengimplementasikan ... Selengkapnya


SMP Meranti Mustika: Memperjuangkan Impian dalam Selimut Keterbatasan
Apa yang selanjutnya diimpikan keluarga besar SMP Meranti Mustika Tanjung Mas Sampit Prov. Kalteng, pasca dinobatkannya, Suyoso, sebagai kepala SMP Berpretasi Nasional? Mengoptimalkan layanan pendidikan kepada ... Selengkapnya


PERFORMANSI MKKS HAGATANG DALAM PENGEMBANGAN SISTEM BERMUTU
Sistem BERMUTU telah membuktikan efektifitasnya. Landasan keberhasilan dalam peningkatan kompetensi guru tersebut dijadikan dasar pengembangan sistem BERMUTU secara berkelanjutan di MKKS Mentaya Hagatang Kab. ... Selengkapnya


Komitmen Disdikpora Kotim Dalam Meningkatkan Profesionalisme Kepala Sekolah
Kabid Dikdas Disdikpora Kab. Kotim mewakili Kepala Dinas menyampaiakan Komitmen Disdikpora Kotim dalam Meningkatkan Profesionalisme Kepala Sekolah. Hal itu disampaiakan Marzuki, S.Pd MM dalam perrtemuan rutin ... Selengkapnya


Gebrakan Pengurus Baru MKKS Mentaya Hagatang Sampit
Berakirnya masa bakti kepengurusan MKKS Mentaya Hagatang Sampit disambut dengan pengamanatan pelaksanaan dan pengembangan program kepada pengurus baru, yang dipercayakan kepada H. Mahmud, S.Pd MMPd.
Selengkapnya


Workshop malam kedua Kerja Kelompok BERMUTU
Semua peserta msg2Prov menyusun laporan akhir,mg bs terselesaikan dgn dukungan data yang tersedia dgn dikordinir oleh LPMP setiap Provinsi yang ... Selengkapnya


workshop evaluasi kemajuan implementasi dan persiapan penyusunan laporan akhir
Peserta workshop evaluasi kemajuan implementasi dan persiapan penyusunan laporan akhir yang diikuti disdik kab/kota penerima bantuan program bermutu. LPMP, P4TK dihotel Royal Kuningan Jakarta tanggal 24 s/d 27 ... Selengkapnya


Malam Pembukaan PTK Berprestasi, Jambi Tampil Berseri, DKI Beryel Luarbiasa
Mendengar yel Lu...LU...lu...lu...lu...lu, dari duta prov Kalteng semua peserta PTK Berprestasi yang pada malam pembukaan itu memenuhi ballroom Sahid Hotel serempak menyambut dengan tepuktangan.
Selengkapnya


Para Kepala SMP Berprestasi Nasional Lakukan Replikasi Kompetensi dari Para Profesor
Para kepala sekolah dari jenjang SMP yang merupakan duta-duta terbaik dari perwakilan 33 provinsi memberdayakan kesempatan untuk mereplikasi keluasan wawasan dari para juri. Keseluruhan juri dalam ajang ... Selengkapnya


Ketua FMKKS Kotim Dinobatkan Sebagai Kepala SMP Berprestasi Nasional
Ketua FMKKS Kotim Dinobatkan Sebagai Kepala SMP Berprestasi Nasional
Event Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Berprestasi dan Berdedikasi Nasional tahun 2012 menobatkan Suyoso, MMPd ... Selengkapnya


TASIKMALAYA 2012 : PELATIHAN PENGGUNAAN MODUL BAGI PEMANDU
Oleh : FKKG Kabupaten Tasikmalaya

Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya Bidang Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) melalui Seksi Profesi yang dimotori oleh Drs. Eddy ... Selengkapnya


PELATIHAN PENGGUNAAN MODUL BAGI PEMANDU KELOMPOK/MUSYAWARAH KERJA KABUPATEN TASIKMALAYA
Oleh : FKKG Tasikmalaya

Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya Bidang Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) melalui Seksi Profesi yang dimotori oleh Drs. Eddy Rochadiat, ... Selengkapnya


Pendidikan Karakter Berbasis Relijius di SMP Meranti Mustika
Oleh: Ani Putrnani
Guru SMP Meranti Mustika

(1/8/2012) SMP Meranti Mustika Tanjung Mas Sampit terus berupaya meningkatkan pelaksanaan program Pendidikan Berkarakter. Dalam program ini, ... Selengkapnya


Paket bermutu dari Workshop Pengembangan Sistem BERMUTU Berkelanjutan
Sanur, (1/8/2012) Perhe latan Workshop Pengembangan Sistem BERMUTU Berkelanjutan, yang dilaksanankan di Hotel Ina Sindhu Sanur Bali dari tanggal 29 Juli s.d 1 Agustus 2012 diikuti seluruh peserta dengan ... Selengkapnya


Studi dari Tim Disdik Jambi
Bersama mengikuti rapat koordinasi dan workshop Pengembangan Program BERMUTU menuju Kehidupan BERMUTU yang dikelola NCT di Sanur Bali memberi manfaat tembus lintas. Salah satunya paparan curah pendapat dan ... Selengkapnya


REFLEKSI DIBULAN SUCI SEBAGAI BULAN PENUH BERKAH DI SDN-2 SUNGAI MELAWEN
oleh : KHOYUM MAKRUS ( Guru PAI SDN-2 Sungai Melawen )

seminggu yang lalu ada suasana berbeda di SDN 2 Sungai Melawen,mulai senin tgl 23 Juli 2012 selama bulan Suci Ramadhan 1433 H melaksanakan ... Selengkapnya


KEMAH SEHARI DALAM RANGKA MOS DAN MENYAMBUT RAMADLAN 1433 H
Oleh : KHOYUM MAKRUS Guru SDN-2 Sungai Melawen

masa-masa MOS diawal masuk sekolah, SDN-1 & 2 Sungai Melawen , melaksanakan kegiatan bersama dengan berkemah di Halaman SDN 1 & 2 Sungai Melawen ... Selengkapnya


Kreasi Acara Pondok Ramadhan Meranti Mustika
Oleh: Ir. Setyawati
Guru SMP Meranti Mustika Sampit

Inspirasi, kreasi dan inovasi secara mandiri senantiasa diwadahi dalam pengelolaan SMP Meranti Mustika Tanjung Mas Sampit. Hal itu ... Selengkapnya


Bina Seni Meranti
OLEH: Anitia S.Pd

SMP Meranti Mustika Tanjung Mas Sampit berkomitmen mewujudkan visi dan misinya. Salah satu realisasi program itu adalah pembinaan bakat seni siswa.
Berbagai hasil ... Selengkapnya


RAMAI MENGEMBANGKAN KOMPETENSI
Fenomena menunjukkan adanya peningkatan motivasi guru dalam mengembangkan kompetensi paska diluncurkannya program Uji Kompetensi Guru (UKG). Tentu saja hal ini menjadi berita positif dalam perkembangan ... Selengkapnya


Memulai Prestasi Melalui Kompetisi
OLEH: ANITA, SPD
SMP Meranti Mustika Tanjung Mas Sampit

Menang dalam sebuah kompetisi tentu bukan sebuah tujuan dari sebuah pengabdian. Dalam dunia pendidikan, bisa jadi kompetisi ... Selengkapnya


Surat Undangan Diklat Petugas ME
Surat Undangan Pendidikan dan Pelatihan ME di Jakarta,

Temapt : Hotel Mega Anggrek, Jakarta
Tangga : 26 s.d. 28 Juli 2012

Kami mohon untuk para calon petugas dari satu ... Selengkapnya


Penguatan Kompetensi Menulis Jurnal
Oleh: Akhmad Mahalli, S.Pd
Peserta Simposium Nasional
Duta KKPS Kab. Kotim

(Selasa, 10/12/2012) Peserta Simposium Nasional Program BERMUTU mendapat kesempatan mengembangkan ... Selengkapnya


Simposium Nasional BERMUTU: Peserta Kreatif
Oleh:Suyoso
Duta Kab. Kotim, Prov. Kalteng
(Kepala SMP Meranti Mustika Tanjung Mas Sampit)

"Motivasi peserta Simposium Nasional Program BERMUTU sangat tinggi".
Demikian ... Selengkapnya


PEMBEKALAN "AIP" BAGI PESERTA SIMPOSIUM NASIONAL
Oleh: Akhmad Mahalli, S.Pd
KKPS Kab. Kotim
Prov. Kalimantan Tengah

Pembekalan kompetensi menulis artikel ilmish popular (AIP) bagi praktisi pendidikan dilakasanakan pada forum ... Selengkapnya


Pemberdayaan Learning Society SMP Negeri 3 Porong menuju Sekolah Prestatif
Ole: Hartoyo
Kepala SMP Negeri 3 Porong

SMP Negeri 3 Porong yang berada di sekitar lumpur panas Lapindo Porong Kabupaten Sidoarjo memiliki keunikan tersendiri, kemacetan lalu lintas, ... Selengkapnya


Pesona Paparan Putri Jayapura

Simposium Nasional Program BERMUTU tahun 2012 yang dilaksanakan di hotel Mega Anggrek Jakarta menampilakan pemapar-pemapar yang penug pesona. Salah satunya, utusan dari bumi Cinderawasih.

Selengkapnya


SIMPOSIUM NASIONAL BERMUTU 2012 DAN MANFAATNYA
Oleh Hartoyo.
Kepala SMP Negeri 3 Porong Kab. Sidoarjo

Simposium Nasional BERMUTU 2012 yang diselenggarakan di Hotel Mega Anggrek Jakarta mulai tanggal 8 hingga 11 Juli 2012 mengandung ... Selengkapnya


Paguyuban Orang Tua Siswa di SMP N 3 Porong

Oleh: Drs. Hartoyo, M.Pd

Komitmen Kepala SMP N 3 Porong dalam mengembangkan manajemen berbasis sekolah diupayakan optimal. Salah satu terobosan kepala sekolah yang sudah memimpin selama ... Selengkapnya


Diseminasi Pelaksanaan PK Guru
Oleh: Ir. Setyawati
SMP Meranti MustikaTanjung Mas Sampit

Kegiatan sosialisasi program pelaksanaan PK Guru. mendapat jumlah jam tatap muka lebih besar dari materi kegiatan yang lain. ... Selengkapnya


Pemberian Penghargan di DCT Kotim
Dinamika pencapaian komitmen di DCT Kotim berkait dengan banyak aspek, baik kemampuan pengelolaan, kemampuan pemanduan, penguasaan materi program BERMUTU, motivasi peserta, maupun sinergitas antarsemua pokja ... Selengkapnya


Unjuk Kerja Duta KKPS Haduhup dalam Simposium nasional
Ajang kompetisi Simnposium nasional program BERMUTU tahun 2012 mengantarkan salah satu peserta dari KKPS Haduhup untuk unjuk kerja. Dalam kesempatan tersebut, KKPS Haduhup diwakili Achmad Mahali. Karya ... Selengkapnya


Selayang Pandang SMP N 3 Porong
Oleh: Drs. Hartoyo, M.Pd,
Semburan lumpur lapindo telah mengukir sejarah fenomenal dalam hiruk pikuk gejala rotasi bumi. Sebuah sekolah terdekat dengan lautan lumpur di Kota Sidoarjo itu ternyata tidak ... Selengkapnya


Semarak Simposium BERMUTU 2012
Simposium Program BERMUTU tahun 2012 berlangsung seru. Sejak pagi, para penyaji yang menjadi peserta berupaya menampilkan karya secara optimal. Judul-judul best practice dipaparkan dengan percaya diri. Selesai ... Selengkapnya


Peserta Tangguh dari Payakumbuh
Wisma Diandra, S.Pd merupakan salah satu peserta simposium nasional Program Bermutu dengan gelar "Peserta Tangguh dari ... Selengkapnya


Duta Kalteng dalam Simposium Nasional Program BERMUTU
Minggu, 8/7./2012 Simposium Nasional Program BERMUTU mulai digelar. Menyambut perhelatan akbar tersebut, para duta simposium menyambut adengan penuh semangat. Sebelum acara dibuka, para duta Simposium dari ... Selengkapnya


Peserta Simposium Nasional BERMUTU Sudah Siap Berlaga
Simposium Nasional Program BERMUTU, yang rencananya malam ini (Minggu, 8/7./2012) dibuka disambut antusias oleh para duta Simposium dari seantero Indopnesia. Sejak pagi para duta dari sejumlah provinsi sudah ... Selengkapnya


SEPUTAR TIK DALAM PEMBELAJARAN
Oleh : Nana Rukmana, S. Pd., M. Pd.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai bidang kehidupan telah berimbas pada ketersediaan dan kemudahan akses bagi para ... Selengkapnya


REFLEKSI PROGRAM BERMUTU DARI PERSPEKTI GURU
Oleh : Nana Rukmana, S. Pd., M. Pd.

Teleconference antara Menteri Pendidikan Nasional dengan melibatkan beberapa perguruan tinggi menjadi tonggak awal digelarnya Program BERMUTU. Sejak mulai ... Selengkapnya


Memaknai Seleksi Guru Berprestasi
Oleh: Cita Indira, M.Pd Si

Memaknai Seleksi Guru Berprestasi.t Kotimelah menyelenggarakan pemilihan guru, kepala sekolah, dan peng. awas berprestasi tahun 20012. Seluruh tahapan kegiatan yang ... Selengkapnya


SMP Meranti Mustika: Berprestasi Melalui Pemberdayaan Alumni
Oleh: ANI PURNANI
SMP Meranti Mustika Tanjung Mas Sampit

SMP Meranti Mustika Tanjung Mas Sampit, tumbuh dan berkembang dengan penuh dinamika. SMP itu didirikan pada tahun 1988 oleh PT ... Selengkapnya


YP. AMBARWATI SAMPIT SETELAH 5 Tahun DITINGGALKAN PENDIRI
Oleh: ANITA, S.Pd
SMP Meranti Mustika Tanjung Mas Sampit


YP. AMBARWATI Tanjung Mas Sampit sudah 30 tahun mengelola pendidikan bagi putra-puteri negeri di daerah pelosok Kalimantan ... Selengkapnya


KOTIM GELAR SEMINAR: GOLDEN SCHOOLING
Senin, (25/6/2012) Dinas Dikpora KOTIM Selengggarakan Seminar Pendidikan Regional. Bertempat di aula Balai Pelatihan Guru (BPG) kegiatan itu diikuti oleh sejumlah praktisi pendidikan baik guru, kepala sekolah, ... Selengkapnya


LULUSAAN SMP KOTIM: Minat Masuk SMK Meningkat
Oleh: Ir. SETYAWATI
SMP Meranti Mustika Tanjung Mas Sampit

Hari Pertama pengumpulan berkas PSB tahun 2012 di Kotawraingin Timur, minat lulusan SMP/MTs untuk melanjutkan Ke SMK ... Selengkapnya


Diseminasi Program BERMUTU
Substansi Program BERMUTU sangat efektif untuk meningkatkan kinerja guru demi meningkatkan layanan pembelajaran. Hal itu mendasari perlunya diseminasi Program BERMUTU kepada program-program pengembangan ... Selengkapnya


Curah Pengalaman Pengembangan Ketarunaan
Oleh: Esther Rachmadia Sari, MMPd
MKKS SMK Kab. Kotim

Penguatan program kunjungan belajar MKKS SMK Kab Kotim ke SMK N2 Subang dioptimalkan dengan curah pengalaman tuan rumah. Kegiatan ... Selengkapnya


Replikasi Program Unggulan SMK N 2 Subang
Oleh: Drs Jainudin
Pengawas Sekolah SMK Dinas Dikpora Kotim

Subang, Kamis (14/06/12), MKKS SMK Kotim melanjutkan kunjungan dalam rangka program replikasi pengemabangan SMK ke salah satu ... Selengkapnya


Kunkor MKKS SMK Kotim Ke Kemendikbud
Jakarta, Rabu (13/06/12), didampingi Kabid Dikmen Disdikpora Kab. Kotim - Dra. Hj. Nani Rusnani- MKKS SMK melakukan kunjungan koordinasi (kunkor) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. Dalam ... Selengkapnya


Implementasi Pakem Di KKG Ki Hajar Dewantoro Kec. Samuda
Oleh: Zainal Arifin, S.Pd
Pengawas Sekolah UPTD DIKPORA Kec. M.H. Selatan

Menuju pelaksanaan sinergitas tugas pengawas dengan kegiatann kelompok kerja, KKG Ki Hajar Dewantoro mendapat ... Selengkapnya


Pendikarbang Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler
Oleh: Yogi Susanto
SMP Meranti Mustika Tanjung Mas Sampit

SMP Meranti Mustika Tanjung Mas Sampit berupaya mengembangkan pendikarbang secara optimal. Salah satu upaya itu dilakukan ... Selengkapnya


O2SN Ajang Mengembangkan Pendikarbang
Oleh: Abdurahman MMPd
Kepala SMPN 4 Sampit

Penyelenggaraan O2SN bagi para siswa SMP sangat potensial untuk diberdayakan sebagai ajang mengembangkan pendikarbang. Melalui ajang ini ... Selengkapnya


Bersama 14 Kontingen Kab. Lain, Kotim Siap Sukses dalam Ajang O2SN dan FLSN
Oleh: Ani Purnani
SMP Meranti Mustika Sampit

Senin (4/6) bertempat di Aula Dinas Pendidikan Prov. kalteng O2SN dan FLSN dibuaka oleh Kepala Dinas Pendidikan. Dalam kesempattan pembuikaan, ... Selengkapnya


Dengan Jahit Tangan Dan Tangis”Bendera Merah Putih” Diserahkan siswa Kelas 9 SMP 1 Mentaya Hilir Se
Dengan Jahit Tangan Dan Tangis”Bendera Merah Putih”
Diserahkan siswa Kelas 9 SMP 1 Mentaya Hilir Selatan

Oleh:Norhayati Gemar,S.Pd

Suasana di aula SMP Negeri 1 Mentaya ... Selengkapnya


KOORDINASI DCT KOTIM DALAM OPPTIMALISASI PROGRAM BERMUTU
Menuju meningkatan kualaitas pelaksanaan program BERMUTU, koordinasi terus dilakukan secara berkelanjutan. Hari ini (Senin, 4/6/2012) bertempat bdi Kantor LPMP Prov. Kalteng, DCT Kotim melakukan kegiatan ... Selengkapnya


Bekal Motivatif Tim OSN Kotim
Oleh: Anita, S.Pd
Guru SMP Meranti Mustika Sampit

Menuju ajang olimpiade sain nasional (OSN) tingkat Prov. Kalteng, bertempat di SMP N 1 RSBI Sampit pada jUMAT (1/6/2012) tim OSN Kotim ... Selengkapnya


Duta Smansa Jaya LCC "Kalteng Harati" Kab.Kotim
Oleh: Tri Utami Widiasri, S.Pd
Guru SMA N 1 Sampit

LCC Mapel Kalteng Harati yang diikuti 12 duta LCC dari para siswa SMA di Kotim dilaksanakan dalam 2 putaran. Acara yang dilaksanakan ... Selengkapnya


Gelar Perdana, LCC Kalteng Harati Jadi Ajang Unjuk Kompetensi Siswa SMA Kotim
Oleh: Harsono, S.Pd
Guru SMA N 1 Sampit

Sabtu (2/6/2012) Dinas Dikpora Kab. Kotim selenggarakan LCC Mata Pelajaran SMA. Acara yang diselenggarakan dalam rangka pelaksanaan program ... Selengkapnya


“Lomba Yel” Semarakkan LCC Kalteng Harati di Kotim
Oleh: Ckristina Eka Armawaty, S.Pd
Guru SMA N 1 AMPIT

LCC Mata Pelajaran SMA yang diselenggarakan dalam rangka pelaksanaan program Kalteng Harati Kotim berlangsung semarak. Pasalnya, ... Selengkapnya


Duta LCC SMA Kotim Siap Sukseskan Program Kalteng Harati
Oleh: Dra. Elok Tersala Yemimma
Guru SMA N 3 Sampit

Program Kalimantan Tengah (Kalteng) Harati (Cerdas) terus direalisasikan dengan berbagai inovasi. Salah satunya, Sabtu, 2/5/2012, di ... Selengkapnya


INTEGRATIF PENDI KARBANG DENGAN UKS DI SMP N CEMPAGA KOTIM
Oleh: MARMI LESTARI,S.Pd
Kepala SMP Negeri 6 Cempaga

SMP N 6 Cempaga berada di wilayah jalur poros tengah Jl. Cilik Riwut Kabupaten Kotawaringin Timur. Dalam pengelolaan manajemen ... Selengkapnya


Antara Pengguna dan Pemakai Bahasa Indonesia
Oleh P.Mancuk Darsono
MGMP ‘Laskar Pelangi’ Sampit

Pada kenyataannya hanya sebagian saja dari orang Indonesia yang peduli dengan hidup matinya bahasa Indonesia. Sebagiannya lagi memilih ... Selengkapnya


PENDAMPINGAN KKG DAN SUPERVISI KLINIS
Oleh: Zaenal Arifin. S.Pd
Pengawas Sekolah UPTD Dikpora Kec. M.H Selatan

Pengawas Sekolah UPTD Dikpora Kec. M.H Selatan mengembangkan program sinegritas antara kelompok kerja pengawas ... Selengkapnya


PERMODELAN DALAM IMPLEMENTASI PAKEM
Oleh : Aini Farida, S.Pd
KEPALA SDN 3 SAMUDA KOTA

Kegiatan pembelajaran di SDN 3 Samuda Kota selama ini belum melaksanakan pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa. Para guru belum ... Selengkapnya


SMPN 4 Sampit Kembangkan Diseminasi Kompetensi
Oleh: Sugiarti, S.Pd
Koordinator Kegiatan

Menindaklanjuti hasil pelaksanaan program BERMUTU DCT Kotim, SMPN 4 Sampit mengembangkan program diseminasi kompetensi guru. Kegiatan yang ... Selengkapnya


DCT KOTIM REVITALISASI KTI
Oleh: Sugiarti, S.Pd
Ketua FMGMP Kotim

Sampit, tanggal 22 Mei 2012 Forum MGMP Kotim melakukan penguatan KTI yang akan disimposiumkan di tingkat provinsi. Acara yang digelar di ... Selengkapnya


“STUDENT ART FEST” SMP KOTIM SUKSES
Oleh: Ani Purnani
Festival lomba seni siswa nasional tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur digelar, Senin (21/5/12). Sejumlah cabang yang digelar disambut antusias oleh seluruh peserta dari sejumlah SMP ... Selengkapnya


AJANG MENJARING ATLIT BERKUALITAS MELALUI O2SN TINGKAT SD SE-KALTENG
Oleh : KHOYUM MAKRUS
( Guru SDN-2 Sungai Melawen )

Kotawaringin Barat, Kontingen Kotawaringin Barat berhasil meraih juara umum dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) ... Selengkapnya


PCT Apresiasi Program Balikan Positif di DCT Kotim
Realisasinya, DCT BERMUTU Kotim dalam memberikan balikan positif kepada kelompok kerja dan pengelola maupun pelaksana program BERMUTU sangat beragam, Pada tahun 2011 sampai dengan tahun 2012 ini, DCT ... Selengkapnya


DCT Kotim Apresiasi Karya Melalui Simposium
Oleh: Karma, S.Pd MM
Ketua Panitia Simposium DCT Kotim 2012

DCT Kotim berkomitmen mencapai tujuan pokok Program BERMUTU, yakni menjadikan guru profesional di tingkat pendidikan dasar. ... Selengkapnya


Diseminasi Kompetensi dalam Pemahaman PK Guru
Oleh: Hj. Maspa S. Puluhulawa, S.Pd M.M.
Pengurus MKKS Mentaya Hagatang Sampit/ Kepala SMP N 8 Sampit

Kegiatan sosialisasi program pelaksanaan PK Guru. mendapat jumlah jam tatap muka ... Selengkapnya


Peran MKKS dalam Persiapan Pelaksanaan PK Guru
Oleh: Hj. Maspa S. Puluhulawa, S.Pd M.M.
Pengurus MKKS Mentaya Hagatang Sampit/ Kepala SMP N 8 Sampit

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dibentuk sebagai wadah kepala sekolah untuk ... Selengkapnya


SENI DAN BUDAYA KALTENG KITA TUMBUH KEMBANGKAN MELALUI FESTIFAL SENI BUDAYA DAN KREASI ANAK
Oleh : FERRY MISDI,S.Pd.SD
( Ketua KKG Ki hajar Dewantara II Kecamatan Pangkalan Banteng , Kobar )


Pendidikan Karakter Bangsa yang ditanamkan melalui Festifal Seni Budaya dan ... Selengkapnya


FESTIVAL LOMBA SENI SISWA, BISA TUMBUKAN SPORTIFITAS DAN WADAH KREASI SISWA
Oleh : KHOYUM MAKRUS
( Guru SDN-2 Sungai Melawen )

Pangkalan lada-Cabang Disdikpora Pangkalan Lada menggelar ‘Festival Lomba Seni Siswa tingkat SD’ di SDN 1 Pandu Sanjaya, ... Selengkapnya


Belajar di kelas I
siswa kelas 1 SDN 1 bandar agung rata-rata sudah lancar membaca namun intonasinya belum tepat karena latar belakang siswa bukan dari TK . Apkah karena cara pembelajaran karena memakai melalui ... Selengkapnya


DIKLAT PENGAWAS SEKOLAH ( IN SERVICE LEARNING 1 )
Pengawas sekolah adalah guru yang diberikan jabatan pengawas. Pengawas sekolah merupakan salah satu tenaga kependidikan yang memegang peran strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru, kepala sekolah dan ... Selengkapnya


PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS NARRATIVE MELALUI PERGELARAN
Oleh : Ariyati, S.Pd
Pencapaian kompetensi peserta didik dalam bahasa Inggris tidak cukup melalui tes tulis saja, akan tetapi juga tes lisan. Salah satu ketrampilan yang dalam perkembangannya paling ... Selengkapnya


SIMPOSIUM PUBLIKASI - KARYA TULIS ILMIAH PROGRAM TERPADU BERMUTU - DCT KOTIM 2012
SIMPOSIUM PUBLIKASI - KARYA TULIS ILMIAH PROGRAM TERPADU BERMUTU - DCT KOTIM 2012

oleh : Ely Ermawati S.Pd

kotim(10/05/12) hari ini di BPG dilakasankan SIMPOSIUM PUBLIKASI - KARYA ... Selengkapnya


IDEALISME GURU MENYIKAPI UN-SD 2012 AGAR TAK TERGADAIKAN
Oleh : KHOYUM MAKRUS
( Guru SDN-2 Sungai Melawen & pengurus KKG LAYAR BERKEMBANG )

Menyikapi keberhasilan Siswa didik dalam UN-SD 2012 ini semua sekolah telah menyiapkan ... Selengkapnya


KOMITMEN BERSAMA DEMI KELANCARAN UN-SD DI WILAYAH PANGKALAN LADA

Oleh : KHOYUM MAKRUS
( Guru SDN-2 Sungai Melawen & Pemandu KKG Layar Berkembang )

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Pangkalan Lada M. Saini dalam MKKS 5 hari yang lalu ... Selengkapnya


PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBERIAN BALIKAN POSITIF PADA SISWA KELA
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBERIAN BALIKAN POSITIF PADA SISWA KELAS VI SDN I JATIWARINGIN KECAMATAN PARENGGEAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR

Oleh: Ely ... Selengkapnya


LAPORAN AKHIR DBL BERMUTU
SESUAI PEMBERITAHUAN DARI PA SUGENG,M.Pd,Widyaiswara LPMP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH BAHAWA LAPORAN AKHIR DBL BERMUTU SELAMBAT-LAMBATNYA TAG,8 MEI 2012,OLEH SEBAB ITU DIHARAPKAN SEMUA CLASTER SEGERA ... Selengkapnya


PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH
Oleh : FERRY MISDI,S.Pd.SD
Ketua KKG Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Pangkalan Banteng , Kobar

Hari ini Senin , 7 Mei 2012 adalah hari pertama Pelaksanaan Ujian Nasional bagi siswa-siswi ... Selengkapnya


DCT KOTIM MATANGKAN PERSIAPAN SIMPOSIUM
OLEH: KIRNO,S.Pd
KETUA FKKG KOTIM


Persiapan pelaksanaan simposium DCT Kotim semakin matang. Minggu (6/5) panitia melaksanakan rapat koordinasi bertempat di aula SDS Baiturahim ... Selengkapnya


DCT KOTIM MATANGKAN PERSIAPAN SIMPOSIUM
Oleh: Kirno, S.Pd
Sekretaris Panitia Simposium/ Ketua FKKG Saparetei

Menjelang pelaksanaan simposium BERMUTU yang direncanakan akan dilaksanakan tanggal 10 Mei 2012, panitia terus ... Selengkapnya


SEMINAR PTK SIAPA TAKUT .......!!! ( pernak-pernik Seminar di KKG Layar Berkembang)
Oleh : KHOYUM MAKRUS
(guru SDN-2 Sungai Melawen & Pengurus KKG Layar Berkembang)

Bermutu adalah Pilot Project dari Reformasi pendidikan untuk menuju Guru Profesional. KKG Bermutu ... Selengkapnya


PEMBIASAAN PEMBELAJARAN MERAWAT TAMAN
PEMBIASAAN PEMBELAJARAN MERAWAT TAMAN DI SDN 1 JATIWARINGIN

Oleh: Ely Ermawati S.Pd
Guru SDN 1 Jatiwaringin Anggota KKG REMOTE "HARAPAN MAJU" PARENGGEAN

PARENGGEAN ... Selengkapnya


Sehari Penuh Guru di KKG MB Laksanakan Pemusatan Latihan
Oleh: Wiwik Widyawati, SP4

Tanpa lelah para guru belajar bersama. Senyum tawa mennghiasi suasa. Bunyi keroncong di perut tak terasa . Tengah siang sudah lewat. Namun, para guru yang tergabung ... Selengkapnya


Memaknai Nama 'Maju Bersama' melalui Karya Nyata
Oleh: Yulius Budi Prasetya, AMa
Anggota KKG Maju Bersama

Acara revitalisasi penyelesaian karya BERMUTU yang dilaksanakan oleh Maju KKG Bersama, disertai tindakan reflektif oleh Ketua ... Selengkapnya


KKG MAJU BERSAMA REVITALISASI PENYELESAIAN KARYA BERMUTU

Oleh: Heru Suharno, S.Pd SD
Ketua KKG MAJU BERSAMA Gugus II Parenggean

Parenggean (05/05/12) - Para guru yang tergabung dalam KKG MAJU BERSAMA lakukan revitalisasi ... Selengkapnya


SEJAK DINI PEDULI MENANAMKAN NILAI KARAKTER BANGSA
Oleh: ETNI SUTANTI, SPd
Kepala SD N 1 KARANG SARI
.
Parenggean-(5/5/2012) SD N 1 KARANG SARI mengantar genrerasi bangsa berkarakter sejak dini. Gerakan mengembangkan pendidikan ... Selengkapnya


PEMBIASAAN NILAI KARAKTER BANGSA D SMP NEGRI 1 PARENGGEAN KOTIM
Oleh:Ismail Manabu Spd
Kepala SMP NEGRI 1 PARENGGEAN
.
Parenggean-(5/5/2012) gerakan mengembangkan pendidikan karateristik bangsa semakin bermunculan di mana-mana,salah satunya seperti ... Selengkapnya


PEMBIASAAN NILAI KARAKTER BANGSA D SMP NEGRI 1 PARENGGEAN KOTIM
Oleh:Ismail Manabu Spd
Kepala SMP NEGRI 1 PARENGGEAN
.
Parenggean-(5/5/2012) gerakan mengembangkan pendidikan karateristik bangsa semakin bermunculan di mana-mana,salah satunya seperti ... Selengkapnya


TANTANGAN MENGELOLA PROGRAM DIWILAYAH REMOTE.
TANTANGAN MENGELOLA PROGRAM DIWILaYAH REMOTE.

Oleh: Suhirman S.Pd
Ketua kkg remote “ harapan maju “ parenggean (04/05/12)

Bentang alam di wlyah remote sangat ... Selengkapnya


DAMPAK KEMAJUAN MSYARAKAT ADAT DI WILAYAH REMOTE.
DAMPAK KEMAJUAN MSYARAKAT ADAT DI WILAYAH REMOTE.

Oleh: Atmojo Danu Setiawan
Anggota KKG REMOTE “HARAPAN MAJU” Parenggean (04/05/12)

Program bermutu yang ... Selengkapnya


PANCARAN CAHAYA HARAPAN DARI RIMBA SAWIT RAYA
PANCARAN CAHAYA HARAPAN DARI RIMBA SAWIT RAYA

Oleh: Eny Rachmawati
Anggota KKG REMOTE " HARAPAN MAJU" PARENGGEAN

BARISAN JALAN MENEROBOS SAWIT TIDAK ADA BEDA ... Selengkapnya


BEST PRACTICE DI PRESENTASIKAN KKG REMOTE “HARAPAN MAJU”
BEST PRACTICE DI PRESENTASIKAN KKG REMOTE “HARAPAN MAJU”

Oleh: Ely Ermawati S.Pd
Anggota KKG REMOTE “HARAPAN MAJU” Parenggean (04/05/12)

Para guru di wilayah ... Selengkapnya


“HIPNO TEACHING DAN HIPNO MOTIVATION’ Menyentuh Anak Didik di Parenggean
Oleh: Roikhan, S.Pd MMPd
Kepala Sekolah SMP N 4 Parenggean

Komitmen mengoptimalkan perkembabangan pribadi siswa diwujudkan secara optimal oleh Kepala Sekolah SMP N 4 Parenggean, Roikhan, ... Selengkapnya


MKKS BETANG RAYA KOTIM DISEMINASIKAN KARYA BEST PRACTICE
OLEH: ISMAIL MANAKU, S.Pd
Ketua MKKS Betang Raya Kotim

Merealisasikan program BERMUTU tahun 2011/2012 MKKS Betang Raya Kotim melaksanakan diseminasikan karya “best practice’ sejumlah ... Selengkapnya


Inovasi Tiada Henti Versi MGMP Chairil Anwar Sampit
Oleh: Ely Herawati, S.Pd MMPd
Sampit-Kamis (3/5/’12), bertempat di aula sekretariat SMP N 2 Sampit, MGMP Chairil Anwar menggelar acara diseminasi best practice. Acara
yang dihadiri seluruh ... Selengkapnya


PENGHARGAAN KEPADA MGMP BAHASA INGGRIS "SMART" KAB. KOTIM SEBAGAI MGMP TERBAIK TAHUN 2012 OLEH GUB
PENGHARGAAN KEPADA MGMP BAHASA INGGRIS "SMART" KAB. KOTIM SEBAGAI MGMP TERBAIK TAHUN 2012 OLEH GUBERNUR KALTENG

Oleh : KRISTIN, S.Pd
(Ketua MGMP Bahasa Inggris "SMART" Kab. Kotim
Selengkapnya


HARDIKNAS 2012 DIJADIKAN SEBAGAI MOMEN BANGKITKAN GENERASI EMAS
Oleh : KHOYUM MAKRUS
( Guru SDN2 S. Melawen & Pemandu KKG Layar Berkembang )

Tema hari pendidikan Nasional (Hardiknas) Rabu (2/5/12), "Bangkitnya Generasi Emas Indonesia," ... Selengkapnya


Disiplin Menentukan Keberhasilan Pendidikan
Oleh : KHOYUM MAKRUS
( Guru SDN-2 Sungai Melawen P. Lada )

Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional, pada 2 Mei 2012 sepantasnyalah kita semua mengenang kembali nilai-nilai ... Selengkapnya


HARDIKNAS 2 MEI 2012 MOMENTUM TUK MELAKUKAN EVALUASI DAN PERUBAHAN KEBERHASILAN PENDIDIKAN
Oleh : FERRY MISDI,S.Pd.SD ( Ketua KKG Ki Hajar Dewantara Kecamatan Pangkalan Banteng )

Kebijakan Pemerintah tuk meningkatkan kompetesi dan profesionalisme Guru belum lah di aplikasikan ke ... Selengkapnya


Memaknai 2 Mei Dengan Mem’bejajikan’ Diri
Oleh: Kartina, S.Pd M.M
Pengurus MKKS Ki Hajar Dewantoro

Sampit - (Hardiknas 2012) MKKS Ki Hajar Dewantoro Kabupaten Kotawaringin Timur memaknai peringatan Hardiknas, 2 Mei 2012 dengan ... Selengkapnya


Menggali Nilai Karakter dari Kearifan Lokal
Oleh: Pengurus KKG Remote Tualan Raya

SAMPIT – Kesadaran pentingnya menjunjung tinggi nilai yang tumbuh dan berkembang melalui tradisi local harus terus di kembangkan. Kalimantan Tengah yang ... Selengkapnya


Sinergitas Terbaik KKG Ekabahurui Diapresiasi PCT Kalteng
Askuriah, S.Pd, Pengurus KKG Eka Bahurui Kotim

SAMPIT – Antusias para guru di wilayah Ketapang mendapat apresiasi dari kepala sekolah, pengawas pembina, dan kepala UPTD Dikpora MB Ketapang. ... Selengkapnya


Guruku tekun
Ketekuan seorang guru dengan seperangkat media dalam mengajar dan mendidik murid muridnya merupakan suatu kunci keberhasilan untuk meningkatkan mutu pendidikan.untuk itu dengan semangat Kihajar Dewantara wahai ... Selengkapnya


DIKLAT PCT PROGRAM BERMUTU BIDANG STUDI IPA
BERMUTU Better Education Trough Reformed Management and Universal Upgrading melaksanakan pelatihan Provincial Core Team (PCT) bidang studi IPA yang dilaksanakan mulai tanggal 30 April 2012 s/d 4 April 2012 di ... Selengkapnya


Pembelajaran Efektif dalam Pembelajaran Materi Subastantif
OLEH : SARIFAH ALWIYAH NURFITRIA, S.Pd
Guru SD ISLAM TERPADU AL-MADANIYYAH
ANGGOTA KKG "KELAPA MUDA' SAMUDA
Pada masa sekarang ini, begitu banyak model pembelaajaran yang telah ... Selengkapnya


Bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Bernyanyi?
OLEH : SARIFAH ALWIYAH NURFITRIA, S.Pd
Guru SD ISLAM TERPADU AL-MADANIYYAH
ANGGOTA KKG "KELAPA MUDA' SAMUDA

Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal melalui model bernyanyi pada ... Selengkapnya


Bernyanyi Meningkatkan Daya Hafal Siswa
OLEH : SARIFAH ALWIYAH NURFITRIA, S.Pd
Guru SD ISLAM TERPADU AL-MADANIYYAH
ANGGOTA KKG "KELAPA MUDA' SAMUDA
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Pustaka Phoenix:2009), menghafal adalah ... Selengkapnya


Guru Kelas Rendah: “Be Creative!”
OLEH : SARIFAH ALWIYAH NURFITRIA, S.Pd
Guru SD ISLAM TERPADU AL-MADANIYYAH
ANGGOTA KKG "KELAPA MUDA' SAMUDA

Menjadi guru kelas rendah, yakni kelas I, II, dan III harus kreatif. ... Selengkapnya


Belajar Harus Mendapatkan “New Experience”

OLEH : SARIFAH ALWIYAH NURFITRIA, S.Pd
Guru SD ISLAM TERPADU AL-MADANIYYAH
ANGGOTA KKG "KELAPA MUDA' SAMUDA

Belajar Harus Mendapatkan “New Experience.”
Bagaimana ... Selengkapnya


SD ISLAM TERPADU AL-MADANIYAH: Sebuah Bakti yang Berpotensi untuk Direplikasi
OLEH : SARIFAH ALWIYAH NURFITRIA, S.Pd
Guru SD ISLAM TERPADU AL-MADANIYYAH
ANGGOTA KKG "KELAPA MUDA' SAMUDA


SD Islam Terpadu Al-Madaniyah Samuda, itulah nama salah satu ... Selengkapnya


Implementasi Nilai Menghargai Prestasi
Oleh: Siti Fadiyatun Nikmah, S.Si
Guru SMP IT Al Madaniyah Samuda
(Sampit – Kalimantan Tengah)

Sabtu (28/4/12), seperti biasa anak-anak melaksanakan apel pagi sebelum kegiatan ... Selengkapnya


Efektifitas Pemanfaatan Sampah sebagai Media Pembelajaran Matematika
Siti Fadiyatun Nikmah, S.Si
Guru Matematika SMP Islam Terpadu Al Madaniyah Samuda
MGMP Aritmatika Wilsel Kotim
(Sampit – Kalimantan Tengah)
Sejauh mana efektifitas pemanfaatan ... Selengkapnya


DAUR ULANG SAMPAH MENJADI MEDIA BELAJAR
Siti Fadiyatun Nikmah, S.Si
Guru Matematika SMP Islam Terpadu Al Madaniyah Samuda
MGMP Aritmatika Wilsel Kotim
(Sampit – Kalimantan Tengah)

Siswa kelas VII di SMP IT Al ... Selengkapnya


Matematika Gembira: Ayo Bermain Dengan Persegi Panjang!
Oleh: Siti Fadiyatun Nikmah, S.Si

Matematika Gembira: Ayo Bermain Dengan Persegi Panjang!iSebuah inovasi pembelajaran dari Guru Matematika SMP Islam Terpadu Al Madaniyah Samuda
MGMP ... Selengkapnya


SELAYANG PANDANG BERMUTU FKKG AJI SAKA GROBOGAN
SELAYANG PANDANG FORUM KELOMPOK KERJA GURU (FKKG) AJI SAKA
EKS. KAWEDANAN KRADENAN KABUPATEN GROBOGAN
Oleh : Iswahyudi, S. Pd
A. Pengertian.
Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) ... Selengkapnya


SATU PERSATU GURU MEMPRESENTASIKAN HASIL KARYA ILMIAHNYA
Oleh : Ketua KKG Ki Hajar Dewantara Kecamatan Pangkalan Banteng.

Seminar Penelitian Tindakan kelas sampai pukul 14.00 masih belum selesai dan peserta masih semangat dan atusian dalam menanggapi ... Selengkapnya


BUKTI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGIKUTI KEGIATAN KKG YAITU DENGAN KEBERHASILAN GURU DALAM
BUKTI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGIKUTI KEGIATAN KKG YAITU DENGAN KEBERHASILAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PTK DAN PEMBUATAN LAPORANNYA.

Oleh : FERRY MISDI,S.Pd.SD Ketua KKG Ki Hajar ... Selengkapnya


SEMINAR PTK KKG KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN PANGKALAN BANTENG
Hari ini Sabtu, tanggal 28 April 2012 , KKG Ki Hajar Dewantara II mengadakan Seminar Penelitian Tindakan Kelas, seminar ini diikuti oleh 52 Anggota KKG dan yang mempresentasikan hasil Laporan PTK sebanyak 7 ... Selengkapnya


SEMANGAT KARTINI SEBAGAI INSPIRASI BRILIAN DALAM PROGRAM BERMUTU LAYAR BERKEMBANG
Oleh : KHOYUM MAKRUS
( Pemandu KKG Layar Berkembang )

Dalam acara Peringatan Hari Kartini di SDN-2 Sungai Melawen kemarin ini diselenggarakan secara spontan tanpa ... Selengkapnya


PERANAN KKG BERMUTU DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI KECAMATAN PANGKALAN LADA
Guru yang telah menerima tunjangan profesi pendidikan mendapat sorotan tajam dari masyarakat. Dipertanyakan sejauh mana kompetensi dan tingkat profesionalitas seorang guru. Banyak orang mengakui, guru ... Selengkapnya


INDIKATOR PEMBELAJARAN DI KELAS BERKUALITAS

OLEH: BAMBANG BAGUS W., S.Pd
Guru professional senantiasa mengembangkan daya inovatif untuk dapat mengoptimalkan kualitas pembelajaran yang dipandunya.
Pembelajaran berlualitas menjadi ... Selengkapnya


Komitmen Pengurus KKG Eka Bahurui M.B. Ketapang
Pengurus pokja KKG Eka Bahurui M.B. Ketapang dalam pelaksanaan program BERMUTU berupaya melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan komitmen yang telah disepakati bersama. Pengurus pokja KKG Eka ... Selengkapnya


SISWA SDN 1 JATIWARINGIN MEMPERINGATI HARI KARTINI SABTU, 21 APRIL 2012
SISWA SDN 1 JATIWARINGIN MEMPERINGATI HARI KARTINI SABTU, 21 APRIL 2012

Oleh : Ely Ermawati S.Pd

dengan semangat pahlawan siswa-siswa SDN 1 jatiwaringin kec Parenggean ... Selengkapnya


Pengembangan Kompetensi Penyusunan “Time Table” di MKKS Mentaya Hagatang Sampit
MKKS Mentaya Hagatang Sampit semakin berkomitmen melaksanakan seluruh program yang disepakati dalam action plan-nya. Sesuai dengan TNA, salah satu program wajib bagi kepal sekolah adalah mengembangkan ... Selengkapnya


Manajer DCT BERMUTU Kotim, Tiada Henti Berikan Kontribusi

Ilmiah, S.Pd, manajer DCT BERMUTU Kotim, seakan tak kenal lelah mengabdikan diri dengan kontribusinya yang optimal. Salah satu starteginya, Kartini masa kini, yang saat ini mendapat prom,osi jabatan ... Selengkapnya


IGBINA Kotim Berpusat Di SMP Negeri 4
Sejumlah terobosan terus digulirkan oleh Ikatan Guru Bahasa Indonesia (IGBINA) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Didukung kepala sekolah SMP N 4 Sampit, IGBINA mengembangkan program secara berleanjutan. ... Selengkapnya


Pokja Kotim Lakukan Koordinasi Jelang Pelaksanaan Monev dari PCT BERMUTU 2012

Monitoring dan evaluasi sebentar lagi akan kembali dikalsanakan tim BERMUTU dari PCT di DCT BERMUTU Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimnantan Tengah. Kali ini sasaran monev adalah para KKG, ... Selengkapnya


Jejak BERMUTU dalam Pembelajaran di Kelas 1 SD N 1 Ketapang

Guru pemandu KKG Eka Bahurui, Wiji Sulastri, S.Pd, yang sehari-hari bertugas di SD N 1 Ketapang berupaya menerapkan hasil program BERMUTU secara berkelanjutan. Hal itu dilakukan dengan mengembangkan ... Selengkapnya


Jejak BERMUTU dalam Pembelajaran di Kelas 1 SD N 1 Ketapang

Guru pemandu KKG Eka Bahurui, Wiji Sulastri, S.Pd, yang sehari-hari bertugas di SD N 1 Ketapang berupaya menerapkan hasil program BERMUTU secara berkelanjutan. Hal itu dilakukan dengan mengembangkan ... Selengkapnya


SEJUTA PRESTASI AKAN MUNCUL KETIKA ADA WAHANA DAN KOMPETISI
Ada yang menarik dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat siswa di MIN KUMAI HILIR, di mana setiap 2x dalam 1bulan, mereka mengadakan audisi dan penampilan kreativitas siswa melalui pemanggungan yang sudah ... Selengkapnya


HARI GINI GURU MASIH GAPTEK??? ( Implementasi ICT dalam kegiatan BERMUTU di KKG Layar Berkembang )
Oleh : Khoyum Makrus ( Pengurus KKG Layar Berkembang )

Hari gini Guru masih gaptek? Pertanyaan itu akan muncul seiring rutinitas sanggar KKG BERMUTU LAYAR BERKEMBANG yang setiap sabtu mulai ... Selengkapnya


KKG Hatantiring: "Daya Kerja Guru Tumbuh Melalui BERMUTU."
Bersama: Wahyu, S.Pd (Ketua KKG Hatantiring)

Kandan-Sampit: KKG Hatantiring yang bersekretariat di SD N 2 Kandan Kecamatan Kotabesi Kabupaten Kotawaringin Timur sukses melaksanakan serangkaian ... Selengkapnya


PUISI UNTUK KEPALA SEKOLAH ( Dokumentasi Pisah Sambut SDN-2 Sungai Melawen )
Oleh : KHOYUM MAKRUS

“ Urgensi dan signifikansi fungsi dan peranan kepala sekolah didasarkan pada pemahaman bahwa keberhasilan sekolah merupakan keberhasilan kepala sekolah. Oleh karena itu, ... Selengkapnya


SERAH TERIMA JABATAN KEPALA SEKOLAH DI LINGKUNGAN KECAMATAN PANGKALAN BANTENG
Oleh : FERRY MISDI Ketua KKG Ki Hajar Dewantara Gugus II Pangkalan Banteng
Langkah awal dari kinerja Kepala Sekolah diawali dengan SERTIJAB yang dilaksanakan pada hari ini Sabtu tanggal 21 April 2012 di ... Selengkapnya


SEJUTA PRESTASI AKAN MUNCUL KETIKA ADA WAHANA DAN KOMPETISI
Oleh: Muhammad Saleh Suaidy*)
Ada yang menarik dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat siswa di MIN KUMAI HILIR, di mana setiap 2x dalam 1bulan, mereka mengadakan audisi dan penampilan kreativitas ... Selengkapnya


Memupuk Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional
Sampit- Sabtu (20/4) Pemandangan di halaman SDS Baiturachim Sampit, sore itu lebih ramai dibandingkan sore-sore lainya. Kehadiran pulungan anggota panitia simposium BERMUTU DCT Kotim yang menjadi penambahnya. ... Selengkapnya


KKG KELAPA MUDA MELAKSANAKAN DISEMINASI BEST PRACTICE
KKG KELAPA MUDA akan melaksanakan Seminar Karya Tulis Ilmiah (best practice) yang Insya Allah akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 26 April 2012 jam 11.00 WIB bertempat di sekolah inti SDN-3 BASIRIH HILIR ... Selengkapnya


PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA GURU DARI HASIL PROGRAM BERMUTU BERDAMPAK POSITIF BAGI KEGIATAN E
PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA GURU DARI HASIL PROGRAM BERMUTU BERDAMPAK POSITIF BAGI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN

Oleh : FERRY MISDI,S.Pd.SD Ketua KKG Ki Hajar Dewantara II ... Selengkapnya


MANFAAT POSITIF JURNAL BELAJAR BAGI GURU BUKAN SEKEDAR SEBAGAI TAGIHAN BERMUTU
Oleh : KHOYUM MAKRUS

Guru bukanlah manusia sempurna. Biarpun banyak yang mengatakan bahwa profesi guru termasuk yang dihormati dan memiliki sikap yang dapat ditiru di tengah-tengah masyarakat, ... Selengkapnya


KEBERHASILAN KEGIATAN BERMUTU AKAN BERDAMPAK PADA KEBERHASIL UJIAN SEKOLAH
Kegiatan KKG BERMUTU mestinya meningkatkan kompetensi dan prosesionalisme Guru dalam melaksanakan tugas Pembelajaran di Sekolah. Keberhasilan itu bermuara pada keberhasilan Siswa-siswi dalam melaksanakan ... Selengkapnya


INOVASI KEPALA SEKOLAH SDN 1 SEI KAPITAN MENGGANDENG DOMPET DUAFA JAKARTA
Oleh: Muhammad Saleh Suaidy*)
Hari-hari tiada merasa lelah, bagi para pekerja sedang mengerjakan rehab ringan (Rivardis) Sekolah Dasar Negeri 1 Sei Kapitan yang dimotori oleh seorang Pemuda Penanggung ... Selengkapnya


SINERGITAS PENGEMBANG PROGRAM BERMUTU DI KKG REMOTE GUNUNG MAKMUR
Antang Kalang -Kotim (Sri Wahyuni)
KKG Remote Gunung Makmur, sejak awal April sudah menyelesaikan seluruh pertemuan kegiatan program BERMUTU. Namun demikian, bukan berarti kegiatan selanjutnya vakum. ... Selengkapnya


REFLEKSI DAN EVALUASI KKKS PANGERAN BENDAHARA KUMAI KOTAWARINGIN BARAT
Oleh: Muhammad Saleh Suaidy, S.PdI
Banyak hal yang menarik dari rangkaian kegiatan pertemuan Refleksi dan Evaluasi kegiatan KKKS BERMUTU Pangeran Bendahara kali ini diantaranya, tergali manfaat besar ... Selengkapnya


Sinergitas, Terobosan yang Menjanjikan Harapan
Sampit (DCT Kotim) Tidak berbeda dengan DCT- DCT lain yang ada di wilayah kerja PCT Kalteng, bahkan mungkin di seluruh wilayah Indonesia, kehadiran pemimpin baru pasti diiringi harapan baru, semangat baru ... Selengkapnya


Belajar Di Tengah Himpitan Gedung Walet
Samuda - Pemandangan seperti tampak pada foto ini menjadi hal yang biasa bagi warga masyarakat Samuda. Di sebuah kota kecil yang termasuk wilayah kabupaten Kotawaringin Timur itu, laju bangunan sarang walet ... Selengkapnya


Disemanasi Plus Penguatan Kompetensi Penguasaan ICT Berbasis ON Line
Kota Besi - (Sugito) Kegiatan rutin KKKS Habaring hurung hari ini (Kamis, 19/4) membuat para kepala sekolah yang hadir semakin bertambah wawasannya. Selain diisi acara poko, yakni sisemanasi KTI Best ... Selengkapnya


Apresiasi Kepala UPTD Dikpora Kobes Atas Komitmen Pelaksanaan Program KKKS
KOBES-SAMPIT – (Fauzi) Realisasi PROGRAM BERMUTU yang diprogramkan KKKS Habaring Hurung Kecamatan Kotabesi Kabupaten Kotawaringin Timur berbuah apresiasi dari Kepala Unit Pelaksan Teknis Daerah (UPTD) Dinas ... Selengkapnya


PENGALAMAN PROGRAM BERMUTU MENJADI BEKAL GURU MEMOTIVASI SISWA DALAM UAS DI PANGKALAN LADA
Oleh : KHOYUM MAKRUS

Seiring bunyi bel jam ke-2 dihari kamis ini, siswa SDN-1 & 2 Sungai Melawen memasuki ruangan masing-masing, ini hari yang terakhir dan juga Mapel yang terakhir bagi mereka ... Selengkapnya


REFLEKSI DAN EVALUASI KKKS PANGERAN BENDAHARA KUMAI KOTAWARINGIN BARAT
Oleh: Muhammad Saleh Suaidy, S.PdI
Banyak hal yang menarik dari rangkaian kegiatan pertemuan Refleksi dan Evaluasi kegiatan KKKS BERMUTU Pangeran Bendahara kali ini diantaranya, tergali manfaat besar ... Selengkapnya


Bunga Rosela Dibudidayakan Melalui Muatan Lokal SDN 2 Simpur
Oleh: Ahmad, S.pd
Kepala SDN 2 Simpur Kecamatan Kotabesi
Sampit (19/4) Salah satu paparan yang menarik dalam diseminasi best practices yang dilaskanakan KKKS Habaring Hurung hari ini adalah ... Selengkapnya


DISEMINASI “BEST PRACTICES” KKKS HABARING HURUNG KOTABESI
Oleh: Dasuki, S.Pd SD
Sampit – KKKS Kecamatan Kotabesi melakukan diseminasi karya-karya para anggota yang tergabung dalam program BERMUTU. Salah satu KKKS yang berada di wilayah pengembangan ... Selengkapnya


MKKS MENTAYA HAGATANG MATANGKAN KARYA JELANG SIMPOSIUM TINGKAT DCT KOTIM
Oleh: Mulyadi, M.M.
Sampit – Rabu (18/4) bertempat di aula SMP Negeri 8 Sampit, MKKS MKKS Mentaya Hagatang lakukan pertemuan rutin. MKKS yang diketuai Abung S.Pd MM itu mematangkan karya-karya para ... Selengkapnya


KEPALA SEKOLAH YANG DIBENCI DAN DIRINDU
Oleh: Muhammad Saleh Suaidy*)

Suatu organisasi memiliki kompleksitas, baik barang/jasa maupun ide, menghadapi berbagai perubahan yang senantiasa melingkupinya setiap saat, menghadapi berbagai ... Selengkapnya


BERAWAL SEDERHANA MENJADI LUARBIASA ( Implementasi Program BERMUTU di KKG Layar Berkembang )
oleh : KHOYUM MAKRUS
Guru PEMANDU KKG Layar Berkembang

Kegiatan KKG BERMUTU yang dirancang sebanyak 16 x pertemuan diharapkan dapat membantu guru dalam memperoleh angka kredit untuk ... Selengkapnya


ANTUSIAS SISWA MENJALANI UAS SDN 1 JATIWARINGIN KEC PARENGGEAN KAB KOTIM
ANTUSIAS SISWA MENJALANI UAS SDN 1 JATIWARINGIN KEC PARENGGEAN KAB KOTIM

oleh : Ely Ermawati S.Pd


antusias anak anak kelas VI SDN 1 Jatiwaringin dalam menjalani ... Selengkapnya


DUA MANTAN KETUA KKG DAN SATU KETUA AKTIF DI PROMOSIKAN KEPALA SEKOLAH DI PANGKALAN BANTENG
Peningkatan Kompetensi Guru melalui kegiatan BERMUTU sangat terlihat sekali dampak positifnya, hal ini dibuktikan dengan dipromosikannya beberaka Ketua dan Mantan Ketua KKG BERMUTU di Lingkungan Kecamatan ... Selengkapnya


RAKOR SEBAGAI AJANG BERBAGI SOLUSI MASALAH DCT
Ada yang masih layak diberitakan dari pelaksanaan koordinasi BERMUTU PCT Kalteng yang dilaksanankan pada tanggal 12 -14 April lalu. Pertemuan yang dialaksanaan di hotel Aquarius Palangkaraya itu dijadikan ... Selengkapnya


DUA MANTAN KETUA KKG DAN SATU KETUA AKTIF DI PROMOSIKAN KEPALA SEKOLAH DI PANGKALAN BANTENG
Peningkatan Kompetensi Guru melalu kegiatan BERMUTU sangat dirasakan bagi Kelompok Kerja Guru BERMUTU Ki Hajar Dewantara dan KKG Pangeran Antasari Kecamatan Pangkalan Banteng. Hal ini terbukti dua mantan ketua ... Selengkapnya


DUA MANTAN KETUA KKG DAN SATU KETUA AKTIF DI PROMOSIKAN KEPALA SEKOLAH DI PANGKALAN BANTENG
Keberhasila kelompok kerja guru BERMUTU sangat dirasakan bagi KKG Pangenran Antasari dan KKG Ki Hajar Dewantara II Kecamatan Pangkalan Banteng. Terbukti Ketua KKG Pangeran Antasari Tahun pertama dan kedua ... Selengkapnya


KIPRAH GURU BERMUTU DALAM UAS MAPEL PAI
UAS SD pada hari pertama di SDN2 Sungai Melawen berjalan lancar begitu pula secara keseluruhan penyelenggaraan UAS SD di wilayah pengkalan Lada hal ini merupakan komitmen bersama semua pihak sebagai bentuk ... Selengkapnya


KIPRAH GURU BERMUTU DALAM UAS MAPEL PAI
UAS SD pada hari pertama di SDN2 Sungai Melawen berjalan lancar begitu pula secara keseluruhan penyelenggaraan UAS SD di wilayah pengkalan Lada hal ini merupakan komitmen bersama semua pihak sebagai bentuk ... Selengkapnya


"Motivasi" Politikus Nasional Terhadap Kinerja Guru Kalteng
Palangkaraya - Banyak serba-serrbi yang mengisi pertemuan koordinasi program BERMUTU PCT Kalteng. Acara yang digelar di Hotel Aquarius itu diikuti empat utusan DCT, yakni masing-masng 20 peserta dari Kota ... Selengkapnya


PROMOSI JABATAN KEPALA SEKOLAH ANGGOTA BERMUTU
Hari ini, 16 April 2012 merupakan hari kebahagiaan bagi anggota kelompok kerja BERMUTU, karena hampir di semua pokja BERMUTU kecamata Kumai terdapat anggotanya yang mendapatkan Promosi Jabatan, disamping ... Selengkapnya


KETERAMPILAN GURU MEMBUAT DAN MENGANILIS SOAL SERTA MENGARSIPKANNYA DALAM BENTUK BANK SOAL
Rabu, 11 April 2012 bertempat di MIN Kumai Hilir anggota KKG Senggora dengan seksama mengikuti rangkaian pelatihan pembuatan soal dan taknik menganalisisnya. Kegiata yang dihadiri 50 an orang ini, diberikan ... Selengkapnya


Curhat Karakter Peserta Didik di MGMP Aritmatika Kotiim
(Yuita S,Pd) Hari ini saya menemukan model pembelajaran yang sebelumnya tidak pernah terpkirkan oleh saya,tidak sia sia waktu dan jarak yang harus saya tempuh untuk sampai ketempat pertemuan ini,walau tempat ... Selengkapnya


Pengembangan Replikasi Keberhasilan antar-DCT di Kalimantan Tengah
Pangkaraya - Sajian acara selingan menarik mengisi Pertemuan KOORDINASI PROGRAM BERMUTU PCT KALIMANTAN TENGAH yang dilaksanakan pada 12 - 14 April di Hotel Aquarius Palangkaraya. Salah satu acara yang ... Selengkapnya


Curah Pendapat Dalam Setiap Kesempatan
Palangkaraya - Sabtu (14/4) bertempat di hotel Aquararius Palangkaraya, acara Koordinasi Program BERMUTU PCT Kaliomantan Tengah ditutup. Acara yang diikuti 4 DCT BERMUTU dari Kotawaringin Barat, Kotawaringin ... Selengkapnya


KIPRAH KEPALA DISDIKPORA KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT DALAM KEGIATAN BERMUTU PATUT DI APRESIASI
Kegiatan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Ki Hajar Dewantara II Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat yang di laksanakan rutin setiap hari sabtu mulai pukul 10.00 tidak luput dari Bidikan dana ... Selengkapnya


DERITA MEMBAWA HIKMAH
Demi terciptanya tenaga pendidik yang profesional dan memiliki kepribadian yang positif dalam mengemban tugas sebagai guru serta terwujudnya guru yang memiliki kompetensi profesionalisme yang sesuai dengan ... Selengkapnya


ADA HIKMAH DIBALIK DERITA
Demi terciptanya tenaga pendidik yang profesional dan memiliki kepribadian yang positif dalam mengemban tugas sebagai guru serta terwujudnya guru yang memiliki kompetensi profesionalisme yang sesuai dengan ... Selengkapnya


IGBINA Sampit Gelar Pentas Sastra Guru
Sampit - Bertempat di SMP N 2 Sampit, Kamis (12/4) dilaksanakan pertemuan 3 Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Kabupaten Kotawaringoin Timur. Ketiga MGMP tersebut adalah MGMP Chairil Anwar, ... Selengkapnya


Guru Harus Mampu Mengembangkan Bank Soal
Sampit - SDN 1 Mentawa Baru Hilir melaksnakan penguatan kompetensi guru. Menjelang pelaksanaan ujian akhir tahun pembelajaran ini, Kepala SDN 1, Wates Salem, melaksanakan program pengembangan kompetensi guru ... Selengkapnya


Pemberdayaan Guru Potensial Sebagai Pembimbing Sejawat di Wilayah Remote
Antang Kalang (12/4) KKG Remote Bina Prestasi Antang Kalang berupaya mengembangkan kompetensi anggota secara optimal. Berbagai masalah di kelompok ini terus dipecahkan. Yang sangat dirasakan, KKG yang ... Selengkapnya


BERMUTU, Pilot Project Pendidikan Guru
Tak bisa dipungkiri pendidikan adalah salah satu jalan seseorang, kelompok, atau suatu bangsa untuk merubah nasibnya. Telah banyak fakta menunjukkan suatu bangsa bisa dengan cepat merubah nasib bangsanya ... Selengkapnya


KOMITMEN KETUA DCT KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
BERMUTU bagi Kabupaten Kotawaringin Barat, merupakan wahana rumah belajar Guru, Kepala, dan Pengawas Sekolah yang harus mendapatkan dukungan dan perhatian dari semua pihak, terutama dalam rangka peningkattan ... Selengkapnya


Rakor Program Bermutu Berakhir
Hari ini Rakor Program Bermutu diPalangka Raya yg digagas LPMP berakhir dg ban9yak membawa pelajaran yg sangat berharga dan pengalaman kepada semua peserta Rakor.
"Mari kita selalu berbuat untuk ... Selengkapnya


JURNAL KEGIATAN MGMP B. INGGRIS IFA KOBAR - LESSON STUDY
Peran MGMP
Dalam pembinaan profesionalisme guru peran MGMP memang tidak diragukan lagi. Program yang telah dan sedang dilaksanakan memang sangat bermanfaat bagi peningkatan kompetensi seorang guru dan ... Selengkapnya


PEMBELAJARAN BERHARGA DALAM MENULIS BERITA DI WEBSITE
Saya sangat senang sekali karena dengan mengahadiri Koordinasi BERMUTU diPalangkaRaya, saya mendapatkan ilmu menulis berita. Selama ini saya sebagai guru matematika kadang tidak bisa menulis dan bermasalah ... Selengkapnya


PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALU KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU ( KKG) KI HAJAR DEWANTARA II
Dengan adanya Program SERTIFIKASI GURU melalui Kementrian Pendidikan Nasional , maka Guru di Indonesia diwajibkan untuk memenuhi Sertifikasi tersebut atau yang sering disebut sebagai GURU PROFESIAONAL. Untuk ... Selengkapnya


Program Bermutu Terbukti Dgn Meningkatnya Kinerja Guru
"Setelah Program Bermutu berjalan dan berproses selama beberapa tahun ini sangat terlihat dan tampak kemajuannya baik KKG. MGMP, KKKS, MKKS, MKPS. terbukti dengan difasilitasi LPMP Kalimantan Tengah melalui ... Selengkapnya


Forum KKG Marunting Batu Aji Kobar
Forum KKG MBA

VISI
Sinergis Membina Hubungan Kerjasama

M I S I
1. Terwujudnya Forum Kelompok Kerja Guru sebagai wadah komunikasi, koordinasi, pembinaan, dan ... Selengkapnya


Koordinasi Program BERMUTU sebagai wahana untuk pemecahan masalah dan solusinya.
Koordinasi Program BERMUTU yang diselenggarakan oleh LPMP Kalimantan tengah merupakan solusi pemecahan tatkala di masing masing klaster mengalami kesulitan dan kendala baik secara kegiatan , keaktifan dan ... Selengkapnya


Paparan DCT Kotawaringin Barat Pada Rapat Koordinasi Bermutu Kalteng
Yang paling menarik pada paparan DCT Kotawaringin Barat kali ini adalah, bahwa banyak anggota POKJA yang terdiri dari daerah-daerah terpencil, dengan tranportasi melewati laut dan sungai, tetapi justru mereka ... Selengkapnya


TUKAR PENGALAMAN PENGELOLAAN POKJA
Ahmadun S.PdI ketua KKPS KOBAR membagikan pengalamannya tentang cara mengelola pokja supaya dapat menghasilkan karya secara optimal,terutama dalam menghasilkan tagihan-tagihan yang sempurna. Menghasilkan ... Selengkapnya


KOBAR REALISASIKAN PIGP
Hj.Yuli,Widyiswara LPMP Kalimantan Tengah memberi penghargaan kepada Team Kotawaringin Barat sebagai DCT yang sudah melaksanakan PIGP yang telah didukung oleh Pemerintah Daerah Ka.Kotawaringin Barat.
Selengkapnya


Distric Core Team Kobar Optimis Sukses Selesaikan Karya BERMUTU
Palangkaraya - (13/4) Pelaksanaan koordinasi Program BERMUTU di Hotel Aquarius Palangkaraya memfasilitasi semua Distric Core Team (DCT) untuk dapat saling melakukan diseminasi dan replikasi ketercapaian ... Selengkapnya


Partisipasi Aktif DCT dan Pokja dalam Rakor PCT Kalteng
Duta Disdik, DCT dan Ketua Pokja BERMUTU dar Barito Tmur, Kotawaringin Barat, Gunung Mas, dan Kotawaringin Timur Kamis (12/4) berpartisipasi aktif dalam rakor PCT Kalteng yang dilaksanakan di Hotel Aquarius ... Selengkapnya


Budaya Curah Pendapat dalam Mengembangkan Potensi Guru
"Seluruh guru bagiku merupakan saudara." demikian ungkap Hj. Jumiatul Rahmah, S.Pd dalam curah pendapat yang digelar oleh MGMP Aritmatika di aula SMP N 1 Samuda, Rabu (11/4). ... Selengkapnya


Revitalisasi Kompetensi Mengembangkan Media Pembelajaran Versi MGMP Aritmatika Kab. Kotim
Oleh:
Kotak aquarium yang tersedia di ruang kelas SMP N 1 MH Selatan dibawa seorang guru ke depan kelas rutin MGMP Aritmatika Kab. Kotim. Tindakan serupa dilakukan oleh sejumlah guru lainnya, ... Selengkapnya


Diseminasi "Best practices" di KKG Tangkasiang Kab. Kotim
Pengelamana mengembangkan pembelajaran yang dimiliki sejumlah guru di wilayah Kotabesi telah siap dipublikasikan dalam bentuk "Best practices".
Para guru yang tergabung dalam KKG Tangkasiang ... Selengkapnya


MGMP Chairil Anwar Menggali Potensi Sastra Siswa
Inovasi pengembangan program senantiasa dikembangkan oleh nMGMP Chairil Anwar Kab. Kotim. Salah satu karya inovatif tersebut berupa program menggali potensi sastra pada diri siswa. Pada tahun-tahun ... Selengkapnya


Menanamkan Nilai Cinta Tanah Air dengan Ukiran Prestasi
Sampit - (7/3) Kepala SMP N 1 RSBI, Abung.S.Pd M.M, dalam sesi dialog yang disiarkan langsung salah satu stasiun TV lokal di Sampit memaparkan program unggulan sekolah yang beralamat di Jl. R.A. Kartini 1 ... Selengkapnya


Pengembangan Program Berbasis Kearifan Lokal
SAMPIT – KKG Remote Harapan Maju terus mengembangkan program sesuai dengan agenda yang disepakati. Kesadaran pentingnya menjunjung tinggi nilai yang tumbuh dan berkembang melalui tradisi local harus terus ... Selengkapnya


Pemodelan dalam Implementasi Kompetensi Menyambut Pelaksanaan PK Guru

Sampit – Ada yang berbeda dalam pelaksanaan kegiatan KKG Persada. Dalam pelaksanaan kegiatan on service training, KKG yang berkembang di kota walet-Samuda-ini menerapkan model praktik dalam memahami ... Selengkapnya


Trik Menarik mengimplementasikan Kompetensi Menyambut Pelaksanaan PK Guru
Sampit – Ada yang berbeda dalam pelaksanaan kegiatan KKG Persada. Dalam pelaksanaan kegiatan on service training, KKG yang berkembang di kota walet-Samuda-ini menerapkan model praktik dalam memahami isi ... Selengkapnya


Memahami Isi Rapor Guru Melalui Bedah Kompetensi
Sampit- Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) yang direncanakan mulai tahun 2013 disambut dengan upaya sungguh-sungguh oleh para guru. Termasuk guru-guru yang mengemban tugas di kota walet - Samuda - ... Selengkapnya


KKKS BINA ILMU SAMUDA TELAAH SILABUS, RPP, DAN KTI KARYA GURU
Sampit - Bertempat di sekretariat, SD N 3 Jaya Keplapa, KKKS Bina Ilmu Samuda melaksanakan kegiatan menelaah sejumlah karya guru. Direncanakan, para kepala sekolah dapat langsung praktik menelaah Karya Tulis ... Selengkapnya


Replikasi Guru Model dalam Pengembangan "XLoK" Pembelajaran di KKG Eka Bahurui S ampit
Kreativitas dan inovasi terus dikembangkan oleh DCT BERRMUTU Kotawaringin Timur (KOtim). Yang terbaru, dengan meminjam salah satu produk jasa telekomiunikasi Sekretaris DCT BERMUTU, Suyoso, MMPd, ... Selengkapnya


MODEL PELATIHAN "SIAP TELAN" ALA KKG KEC. CEMPAGA HULU KAB. KOTIM PROV. KALTENG
Model pelatiahn yang digunakan pemandu kegiatan KK sangat menentukan pencapaian tujuan pelatihan agar peserta mendapatkan banyak makna. Model inilah yang digunakan nara sumber DCT BERMUTU Kotim, Suyoso, dalam ... Selengkapnya


TIM Penyusun LKS Terpadu Wilayah Tengah bekerja sama menyusun LKS
Oleh : Eka Purdiawati, S.Pd
( Koordiantor Wil. Tengah)


Hari ini Kamis (5/4) Tim penyusun LKS dari wilayah tengah yang terdiri dari 4 Kecamatan yakni Kota Besi, Telawang, ... Selengkapnya


Pancaroba Cuaca dan Kendala Medan Menantang Guru dan Kepala Sekolah Cempaga Hulu
Kotim - Bertempat di SD N 2 Pundu Kecamatan Cempaga Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur, Kamis (5/3) Kelompok Kerja Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru Melaksanakan pertemuan lanjutan pelaksanaan Program ... Selengkapnya


KKG REMOTE "HARAPAN MAJU" KEC PARENGGEAN KAB KOTIM MELAKSANAKAN STUDY VISIT
Hari ini selasa (03/04) KKG Remote "HARAPAN MAJU" Kec Parenggean Kab Kotim melaksanakan study visit terpadu sejumlah 6 KELOMPOK dimulai dengan ICT berbasis On line

Oleh : Ely Ermawati ... Selengkapnya


BERBAGI PENGALAMAN KEBERHASILAN MELALUI STUDY VISIT
KKG EKA BAHURUI, KKG KI HAJAR DEWANTORO, KKG TANGKASIANG, KKG HATANTIRING, KKG BAHANDEP, DAN KKG KELAPA MUDA yang tumbuh berkembang dalam koordinasi DCT BE RMUTU KAB. KOTIM bersatu padu melaksanakan kunjungan ... Selengkapnya


Bedah Masalah Bertukar Pengalaman: KKG BAHANDEP Kota BesiLakukan Study Visit
Hari ini KKG Bahandep Kec. Kota Besi bersama dengan 7 anggota, yang terdiri dari pengurus, kepala sekolah, dan pengawas melaksanakan Study Visit di DCT Kotawaringin Timur. Bersama Kelima KKG yang lain Yaitu ... Selengkapnya


HARI INI SELASA (03/03) KKG REMOTE "HARAPAN MAJU" KEC PARENGGEAN KAB KOTIM MELAKSANAKAN STUDY VISIT
Hari ini selasa (03/03) KKG Remote "HARAPAN MAJU" Kec Parenggean Kab Kotim melaksanakan study visit terpadu sejumlah 6 KELOMPOK KKG Reguler dimulai dengan ICT berbasis On line

Oleh : Ely ... Selengkapnya


Hari ini Selasa (3/3) KKG BAHANDEP Kota Besi mengadakan Study Visit Terpadu
Sejumlah 7 orang dari KKG Bahandep Kec. Kota Besi Kab. Kotawaringin Timur yang terdiri dari pengurus KKG, Kepala Sekolah dan Pengawas melaksanakan Study Visit Terpadu di DCT Kotim bersama 5 KKG yang lain, ... Selengkapnya


KKG Remote HARAPAN MAJU Kecamatan Parenggean Kab. Kotim, Lakukan Penguatan Penguasaan Materi ICT
KKG Remote HARAPAN MAJU Kecamatan Parenggean Kab. Kotim, Lakukan Penguatan Penguasaan Materi ICT Berbasis On Line

Oleh: Ely Ermawati S.Pd

KKG Remote HARAPAN MAJU yang ... Selengkapnya


KKG Remote HARAPAN MAJU Kecamatan Parenggean Kab. Kotim, Lakukan Penguatan Penguasaan Materi ICT
KKG Remote HARAPAN MAJU Kecamatan Parenggean Kab. Kotim, Lakukan Penguatan Penguasaan Materi ICT Berbasis On Line

Oleh: Ely Ermawati S.Pd

KKG Remote HARAPAN MAJU yang ... Selengkapnya


KKG Eka Bahurui Gagas Study Visit Terpadu di Sekretariat DCT BERMUTU
OleH: Askuriah

Sampit- Erniatii, S.Pd, Ketua KKG Eka Bahurui Kecamatan MB Ketapang berharap melalui pelaksanaan Study Visit Terpadu oleh 6 Kelompok KKG BERMUTU Reguler akan dapat meningkatkan ... Selengkapnya


PEMBERDAYAAN OSIS: Pembiasaan Berwawasan Budaya dan Karakter Bangsa SMPN 1 Cempaga
SMP Negeri 1 yang berdiri tahun 1983 adalah salah satu SMP yang sudah berdiri cukup lama dan mendapat dukungan cukup baik, keberadaanSMP ini benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Karena SMP ini ... Selengkapnya


Pembinaan Karakter Siswa Berbasis Penanaman Nilai Relijius
Oleh: Ir Setyawati
Anggota MGMP Pitagoras Kotim

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam proses pendidikan kepada siswa, selain kemampuannya di bidang akademik adalah memiliki akhlak ... Selengkapnya


Indikator Pencapaian Program BERMUTU Kab. Kotim
Indikator Pencapaian Program BERMUTU Kabupaten Kotawaringin Timur Prov. Kalteng

Dampak pelaksanaan Program BERMUTU terhad peningkatan kualitas pendidikan sangat dirasakan di Kabupaten ... Selengkapnya


KKG Persada Samuda: TNA sebagai Media Uji Refleksi
KKG Persada Samuda: TNA sebagai Media Uji Refleksi

KKG Persada Samuda beranggotakan para guru SD/MI yang melaksanakan tugas di tengah kota Samuda. Para guru pada KK tersebut terus berupaya ... Selengkapnya



... Selengkapnya


Peserta asyik..
KKG reguler Gugus II center II Bajeng, sedang asyik/ serius menyimak..penjelasan pemateri tentang...penilaian Kinerja Guru..

tolong untuk DCT kab..untuk ditambah lagi ilmunya agar..tidak ... Selengkapnya


KKKS BINA ILMU SAMUDA KEMBANGKAN KOMPETENSI MELALUI PENGUATAN PENGUASAAN ICT
KKKS BINA ILMU SAMUDA MEMBANGKAN KOMPETENSI MELALUI PENGUASAAN ICT

Oleh: Wahyudah,S.Pd


Pengembangan penguasaan ICT pada tahun 2012 ini ditingkatkan lagi dari tahun ... Selengkapnya


KKG Gugus III “Bersatu” Matangkan KTI Jelang Simposium
KKG Gugus III “Bersatu” Kecamatan Baamang Kembangkan KTI Jelang Simposium

Oleh: Isnan, S.Pd

SAMPIT – Kelompok Kerja Guru (KKG) Bersatu Kecamatan Baaamng Gugus III merupakan salah ... Selengkapnya


Pengembangan Karya Tulis IlmiahKKG “Harapan Kita” Kecamatan Seranau
KKG “Harapan Kita” Kecamatan Seranau
Pengembangan Pembelajaran Karya Tulis Ilmiah (KTI)

SAMPIT – Kelompok Kerja Guru (KKG) “ Harapan Kita” Kecamatan Seranau, Desa Terantang Hulu ... Selengkapnya


KKG PERSADA SAMUDA DALAMI MUATAN KOMPETENSI GURU
KKG PERSADA SAMUDA DALAMI MUATAN KOMPETENSI GURU


Oleh: SURIYADI,S.Pdi


Menuju penguasaan materi PK Guru, KKG PERSADA SAMUDA LAKUKAN AKSI KOMPETENSI GURU.
Selengkapnya


KKG Remot Gunung Makmur Kab. Kotim, Gambaran Motivasi Guru di Wilayah Terpencil
Oleh: Sri Hayuni, S.Pd SD
KKG Remot Gunung Makmur merupakan salah satu KKG di wilayah terpencil yang dikembangkan di Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah. Aktivitas para anggota ... Selengkapnya


Gebyar Rakor Forum BERMUTU Kabupaten Kotawaringin Timur
Sabtu, 10 Maret 2012 bertempat di Sekretariat DCT BERMUTU Kab. Kotim diselenggarakan Gebayar BERMUTU tahun 2012. Acara yang dikoordinasi oleh FMKKG, FMKKS, FMGMP, dan FMKKS tersebut diikuti oleh seluruh ... Selengkapnya


KKKS Hasien work shop penulisan Best Practice
Komitmen Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Hasien dalam meningkatkan kompetensi kepala sekolah terus direalisasikan. Kamis, 15 Maret 2012, Kelompok kepala sekolah SD wilayah kecamatan MB. Ketapang itu ... Selengkapnya


KKG Tangkasiang Selengggarakan Diseminasi KTI
Komitmen Kelompok Kerja Guru (KKG) Tangkasiang Kecamatan Kotabesi Kabupaten Kotawaringin Timur dalam meningkatkan kompetensi guru terus direalisasikan. Kamis,29 Maret 2012, Kelompok guru SD wilayah pedalaman ... Selengkapnya


KKG Manggatang Utus Unjuk Model Pempelajaran Puitisasi Titian Ingatan Materi Substantif
KKG Remote Manggatang Utus Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur Unjuk Model Pembelajaran Puitisasi Titian Ingatan Materi Substantif. Dalam kesempatan itu dilakukan pula unujk Aksi Hasil Bina ... Selengkapnya


KKG Remot HARAPAN MAJU Kecamatan Parenggean Kab. Kotim, Lakukan Penguatan Penguasaan Materi ICT B
KKG Remote HARAPAN MAJU Kecamatan Parenggean Kab. Kotim, Lakukan Penguatan Penguasaan Materi ICT Berbasis On Line

Oleh: Eny Rahmawati A.Md

KKG Remote HARAPAN MAJU yang ... Selengkapnya


Laporan Kegiatan Rapat Koordinasi FKKG 1 Sumedang Tahun 2012
Salah satu Program Kerja FKKG 1 Sumedang yaitu Rapat Koordinasi 1 dan 2. Rapat Koordinasi ini dilakukan 2 (dua) kali dalam satu tahun ajaran. Agenda dalam Rapat Koordinasi adalah membahas permasalahan, ... Selengkapnya


PENYUSUNAN LAPORAN PTK
Selasa, 27 Maret 2012 di SDN Nogosari 04 (SD Inti KKG 04 Rambipuji) melaksanakan kegiatan onservice training berupa penyusunan laporan PTK. Penyusunan ini merupakan kegiatan tindak lanjut dari kegiatan open ... Selengkapnya


PENYUSUNAN LAPORAN PTK I
Selasa, 27 Maret 2012 di SDN Nogosari 04 (SD Inti KKG 04 Rambipuji) melaksanakan kegiatan onservice training berupa penyusunan laporan PTK. Penyusunan ini merupakan kegiatan tindak lanjut dari kegiatan open ... Selengkapnya


PENYUSUNAN LAPORAN PTK I
Selasa, 27 Maret 2012 di SDN Nogosari 04 (SD Inti KKG 04 Rambipuji) melaksanakan kegiatan onservice training berupa penyusunan laporan PTK. Penyusunan ini merupakan kegiatan tindak lanjut dari kegiatan open ... Selengkapnya


PENYUSUNAN LAPORAN PTK I
Selasa, 27 Maret 2012 di SDN Nogosari 04 (SD Inti KKG 04 Rambipuji) melaksanakan kegiatan onservice training berupa penyusunan laporan PTK. Penyusunan ini merupakan kegiatan tindak lanjut dari kegiatan open ... Selengkapnya


KKG GUSLAH 2 DAN 3 KERC KONANG MELIBATKAN LPMP JATIM
KEGIATAN KKG BERMUTU GUSLAH 2 DAN 3 KECAMATAN KONANG KABUPATEN BANGKALAN MELIBATKAN WIDAYISWARA LPMP JAWA TIMUR
Hari ini tanggal 3 Maret 2012 KKG Program BERMUTU Guslah 2 dan 3 Kecamatan mengadakan ... Selengkapnya


OPEN CLASS KKG 04 RAMBIPUJI
OPEN CLASS KKG 04 RAMBIPUJI
Senin, 20 Pebruari 2012 peserta KKG melaksanakan program pelaksanaan tindakan dengan mengadakan open class. Kegiatan ini merupakan langkah tindakan dari identifikasi masalah ... Selengkapnya


OPEN CLASS KKG 04 RAMBIPUJI
OPEN CLASS KKG 04 RAMBIPUJI
Senin, 20 Pebruari 2012 peserta KKG melaksanakan program pelaksanaan tindakan dengan mengadakan open class. Kegiatan ini merupakan langkah tindakan dari identifikasi masalah ... Selengkapnya


OPEN CLASS KKG 04 RAMBIPUJI
OPEN CLASS KKG 04 RAMBIPUJI
Senin, 20 Pebruari 2012 peserta KKG melaksanakan program pelaksanaan tindakan dengan mengadakan open class. Kegiatan ini merupakan langkah tindakan dari identifikasi masalah ... Selengkapnya


Pertemuan 11 Penyusunan Proposal Pada KKG 04 Rambipuji
PERTEMUAN 11 ”PENYUSUNAN PROPOSAL” PADA KKG 04 RAMBIPUJI
Pada tanggal 16 Pebruari 2012 bertempat di SD Inti/SDN Nogosari 04, KKG BERMUTU Gugus 04 Rambipuji, Kab, Jember menyelenggarakan Kegiatan ... Selengkapnya


ONSERVICE FKKG KABUPATEN JEMBER
ONSERVICE FKKG
KABUPATEN JEMBER

Rabu, 15 Februari 2012 bertempat di SDN Sempolan 01 Kecamatan Silo, FKKG menyelenggarakan kegiatan onservice. Kegiatan ini dihadiri Pengurus KKG dari ... Selengkapnya


Program PPKHB Kabupaten Ciamis
PENINGKATAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU
MELALUI PROGRAM PPKHB
KABUPATEN CIAMIS

Oleh; Arsyad (DC Kabupaten Ciamis)

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan ... Selengkapnya


Kegiatan on service KKG Gugus I Sinjai Utara
Bapak Amiruddin, S.Pd. sedang memberikan materi pada kegiatan on service KKG Gugus I Sinjai Utara Kabupaten SInjai Sul-Sel beberapa waktu yang lalu. Menurut beliau, peningkatan kompetensi guru perlu dilakukan ... Selengkapnya


KEGIATAN KKG GUSLAH II KAMAL MELIBATKAN LPMP,PC DAN FKKG
KEGIATAN KKG BERMUTU DI KKG GUSLAH II KECAMATAN KAMAL KABUPATEN BANGKALAN

Hari ini selasa 7 Pebruari 2012 di KKG Guslah II Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan sedang berlangung kegiatan KKG ... Selengkapnya


DIKLAT ICT KKG 04 RAMBIPUJI
DIKLAT ICT KKG 04 RAMBIPUJI
Oleh : PURWONO, S. Pd*

Pada tanggal 1 Pebruari 2012 bertempat di SDN Nogosari 04 Kec. Rambipuji sebagai SD Inti, KKG BERMUTU Gugus 04 menyelenggarakan ... Selengkapnya


Implementasi PIGB Kabupaten Ciamis
IMPLEMENTASI
PROGRAM INDUKSI GURU BARU (PIGB)
KABUPATEN CIAMIS
Arsyad; DC Kabupaten Ciamis

Program Induksi adalah kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja, ... Selengkapnya


PROGRAM BERMUTU LAHIRKAN KARYA-KARYA BERMUTU
... Selengkapnya


Onservice KKG 04 Rambipuji melibatkan Widya Iswara
Dalam rangka menindaklanjuti program kerja BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading), Kelompok Kerja Guru Gugus IV Kecamatan Rambipuji menyelenggarakan ... Selengkapnya


Onservice KKG 04 Rambipuji melibatkan Widya Iswara
Dalam rangka menindaklanjuti program kerja BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading), Kelompok Kerja Guru Gugus IV Kecamatan Rambipuji menyelenggarakan ... Selengkapnya


Onservice KKG 04 Rambipuji melibatkan Widya Iswara
Dalam rangka menindaklanjuti program kerja BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading), Kelompok Kerja Guru Gugus IV Kecamatan Rambipuji menyelenggarakan ... Selengkapnya


Onservice KKG 04 Rambipuji melibatkan Widya Iswara
Dalam rangka menindaklanjuti program kerja BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading), Kelompok Kerja Guru Gugus IV Kecamatan Rambipuji menyelenggarakan ... Selengkapnya


Onservice KKG 04 Rambipuji melibatkan Widya Iswara
Dalam rangka menindaklanjuti program kerja BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading), Kelompok Kerja Guru Gugus IV Kecamatan Rambipuji menyelenggarakan ... Selengkapnya


Onservice KKG 04 Rambipuji melibatkan Widya Iswara
Dalam rangka menindaklanjuti program kerja BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading), Kelompok Kerja Guru Gugus IV Kecamatan Rambipuji menyelenggarakan ... Selengkapnya


Pelatihan Sehari By Pak Janawir
... Selengkapnya


PEMBERDAYAAN PCT PADA KKG
BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading). Program ini difokuskan pada upaya peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi, karir, dan kinerja guru ... Selengkapnya


WORKSHOP PROGRAM BERMUTU TAHUN 2011
KEGIATAN WORKSHOP PROGRAM BERMUTU TAHUN 2011
Dalam upaya pemberdayaan KKG, MGMP, KKKS, dan MKKS melalui program BERMUTU, Dinas Pendidikan Kabupaten Jember menyediakan Dana Sharing yang dimanfaatkan ... Selengkapnya


MENATA PENDIDIKAN DI DAERAH KEPULAUAN
MENATA PENDIDIKAN DI DAERAH KEPULAUAN DI KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN (PANGKEP) DALAM BINGKAI BERMUTU
(Sebuah Refleksi Sistem Pendidikan di Wilayah Kepulaun di Kab. Pangkep)

Oleh ... Selengkapnya


PENGENALAN BAHASA INDONESIA YANG SEBENARNYA PADA SISWA KEPULAUAN, BISAKAH? (SEBUAH CASH STUDY)
OLEH: ASDAR

Beranjak dari judul di atas, jelas ada sesuatu yang menjadi persoalan di tempat saya mengajar. Mungkin ini hanya anggapan awal saya saja, dan saya pikir itu adalah sebuah kewajaran ... Selengkapnya


Seminar PTK, KKG Gugus IX Distrik Heram, Kota Jayapura
KKG Gugus IX Distri Heram Kota Jayapura pada tanggal 12 Februari 2011 yang lalu melakukan seminar hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam seminar tersebut menampilkan tujuh hasil PTK yang dikerjakan ... Selengkapnya


EFEK PROGRAM BERMUTU PADA PENINGKATAN WAWASAN DAN KETERAMPILAN GURU DALAM BIDANG ICT
Sebuah kebanggaan tersendiri yang kami rasakan dari apa yang telah dilakukan selama ini dalam Program BERMUTU, yang mungkin menjadi kebangaan bagi kita semua. Manakala Program BERMUTU pada tahun 2010 selesai ... Selengkapnya


LOMBA KAJIAN KRITIS FKKG TASIKMALAYA BARAT KABUPATEN TASIKMALAYA
Salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan oleh FKKG Tasikmalaya Barat adalah kegiatan Lomba Kajian Kritis. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 26 Maret 2011 bertempat di Gedung PGRI Kabupaten Tasikmalaya. ... Selengkapnya


PROFIL KKG GUGUS 1 PUSPAHIANG KABUPATEN TASIKMALAYA
Geliat dinamika Kelompok Kerja Guru (KKG) di Kabupaten Tasikmalaya mulai tampak dengan adanya aktivitas kelompok melalui berbagai kegiatan pengembangan profesi. Salah satu KKG yang secara konsisten pada ... Selengkapnya


SELAYANG PANDANG FORUM KKG TASIKMALAYA BARAT DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TASIKMALAYA
Forum KKG Tasikmalaya Barat merupakan salah satu elemen kelompok kerja dalam Program BERMUTU di Kabupaten Tasikmalaya. Forum KKG Tasikmalaya Barat meliputi 18 kecamatan dengan jumlah Kelompok Kerja Guru (KKG) ... Selengkapnya


PROFIL KKG GUGUS 1 PUSPAHIANG KABUPATEN TASIKMALAYA
Geliat dinamika Kelompok Kerja Guru (KKG) di Kabupaten Tasikmalaya mulai tampak dengan adanya aktivitas kelompok melalui berbagai kegiatan pengembangan profesi. Salah satu KKG yang secara konsisten pada ... Selengkapnya


MENJADI GURU PROFESIONAL MELALUI PROGRAM BERMUTU MENYONGSON ERA PENDIDIKAN GLOBAL
Pendidikan adalah sebuah proses dinamisasi kehidupan manusia. Pendidikan melekat pada sisi kehidupan manusia dan menjadi faktor utama yang dapat mengubah peradaban. Proses dinamisasi kehidupan melalui ... Selengkapnya


PERINGATAN DARI SANG PENGUASA
Salah satu indikator keberhasilan program Bermutu adalah berkurangnya angka kemangkiran guru melakukan proses pembelajaran di sekolah. Kenapa guru enggan (malas) datang ke sekolah?, salah satu penyebabnya ... Selengkapnya


ANGGOTA MGMP BI WIL.3 CIMALAKA SUMEDANG
Ketua Dedi Junaedi,S.Pd.Sekretaris Ipit Nuryana,S.Pd,Bendahara Titin Kartini,S.Pd Anggota : Agus,S.Pd,Wahyu,S.Pd,Karsim,S.Pd,Yaya Suhendi,S.Pd,Memet Slamet,S.Pd,Kosasih,S.Pd,Imas Tuti,S.Pd,Aan ... Selengkapnya


REFLEKSI DARI KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM BERMUTU DI KOTA BANJAR JAWA BARAT
Program BERMUTU merupakan program peningkatan kinerja dan profesionalisme guru melalui pemberdayaan Kelompok Kerja (KKG, MGMP, KKKS, KKPS, MKKS, MKPS). Kota Banjar Jawa Barat merupakan salah satu Kota Mitra ... Selengkapnya


REFLEKSI DARI KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM BERMUTU DI KOTA BANJAR JAWA BARAT
Program BERMUTU merupakan program peningkatan kinerja dan profesionalisme guru melalui pemberdayaan Kelompok Kerja (KKG, MGMP, KKKS, KKPS, MKKS, MKPS). Kota Banjar Jawa Barat merupakan salah satu Kota Mitra ... Selengkapnya


FORMAT PENDATAAN BINAAN PENGAWAS LOKASI GUGUS III TANJUNGSARI TAHUN 2011
... Selengkapnya


DATA ANGGOTA KKG GUGUS I TANJUNGSARI KAB SUMEDANG
DATA ANGGOTA KKG GUGUS I TANJUNGSARI KAB SUMEDANG
TAHAP II,TAHUN 2011 / 2012 ,BERJUMLAH 34 ... Selengkapnya


Simposium Nasional Program BERMUTU 2011
Tanggal 13 -15 September 2011 akan diselenggarakan Simposium Nasional dengan tujuan mencari best practices implementasi program BERMUTU di kelompok kerja. Pesertanya adalah mereka yang telah mengirimkan ... Selengkapnya


Lomba Kreasi Model Pembelajaran
Untuk meningkatkan profesionalisme guru khususnya di Kota Banjar Jawa barat, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dalam hal ini Bidang Pendidikan Dasar (Bidang yang salah satu tufoksinya mengurus program ... Selengkapnya


Kalla: SBY Tak Perlu Reaksioner Tanggapi Nazarudin
- Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebaiknya tak perlu bereaksi menanggapi pernyataan Muhammad Nazaruddin, bekas Bendahara Umum Partai Demokrat yang meminta SBY tak ... Selengkapnya


Menjadikan Pengawas Sekolah Profesional
Guru wajib memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Tugas pokok guru adalah merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil ... Selengkapnya


SBI Dievaluasi Agar Tak Diskriminatif
JAKARTA - Pembentukan sekolah berstandar internasional (SBI) adalah amanat Undang-Undang Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. UU tersebut mengatur agar setiap kabupaten/kota di Indonesia ... Selengkapnya


Guru Jadi Ujung Tombak Pembangunan Pendidikan Nasional
Guru menjadi ujung tombak dalam pembangunan pendidikan nasional. Utamanya dalam membangun dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan formal.

Guru profesional dan ... Selengkapnya


•     IMPLEMENTASI KOMPETENSI SOSIAL GURU PROFESIONAL Oleh:Hj. Elfiah, S.Pd, M.MPd•     PEMBERDAYAAN KOMUNITAS MGMP DALAM PELAKSANAAN PKB GURU IPS SMP Oleh:Hj. Elfiah, S.Pd, M.MPd•     Penilaian Berintegeritas Melalui USBN Oleh: Hj. Elfiah, S.Pd M.M.Pd•     Membina Prestasi Peserta Didik Sampai Ajang OSN IPS Tingkat Nasional Oleh: Hj. Elfiah, S.Pd M.M.Pd

Kontak Person :

Bapak Rizky

081315911696

E-mail : bukuperaturan@yahoo.com

Alamat: Jl. Raya Wanasari, Rt.001 Rw.01 no. 7 Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, Bekasi, Jawa Barat

 

BNI

Bank BNI Cab. Pecenongan No. Rek. : 0009060415

an. Janawir


MANDIRI

Bank Mandiri Cab. Jakarta Pasar Baru No. Rek. : 9000016547888

an. Janawir


BCA

an. Muhammad Rizky Syaban No. Rek. : 3720049413


BRI

Bank BRI KCP MABES AD TN. ABANG No. Rek. : 050401014908501

an. Janawir